nusabali

Peternak Sambut Baik Vaksin PMK dari Pemerintah

  • www.nusabali.com-peternak-sambut-baik-vaksin-pmk-dari-pemerintah

BANGLI, NusaBali
Pemkab Bangli rencanakan distribusikan vaksin PMK untuk menanggulangi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak.

Peternak menyambut baik rencana pemerintah salurkan vaksin PMK. Salah seorang peternak, Sang Putu Adil mengatakan, penyediaan vaksin PMK membuktikan bahwa pemerintah ikut memikirkan nasib para peternak. "Selaku peternak babi di Bangli, kami sangat menyambut baik rencana pemerintah untuk menyediakan vaksin PMK ini," ungkap Putu Adil, Rabu (15/6). Vaksin PMK sudah ada, namun perlu waktu untuk proses penyaluran. Peternak asal Desa Jehem, Kecamatan Tembuku ini menyebutkan, kalaupun harus beli vaksin, peternak siap. Namun saat ini, peternak dibuat kelimpungan dengan biaya operasional terutama pembelian pakan. "Sebetulnya tidak masalah jika harus membeli vaksin,” kata Sang Putu Adil.

Sejauh ini Bangli masih zona hijau atau bebas PMK. Para peternak bisa sedikit bernafas lega karena saat ini pengiriman babi ke luar Bali sudah kembali dibuka.

Diharapkan harga jual keluar Bali bisa sesuai kesepakatan, yakni Rp 45.000 per kilogram. Saat ini harga babi yang dikirim keluar Bali berkisar Rp 41.000 hingga Rp 42.000 per kilogram. Harga di lokalan berkisar Rp 40.000 hingga Rp 41.000 per kilogram.  Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli belum bisa dimintai keterangan terkait vaksin PKM. *esa

Komentar