nusabali

Unud 'Tantang' ASN di Buleleng Kuliah Magister Pertanian

  • www.nusabali.com-unud-tantang-asn-di-buleleng-kuliah-magister-pertanian

SINGARAJA, NusaBali
Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Buleleng ‘ditantang’ oleh pihak Universitas Udayana (Unud) untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) di bidang keilmuan.

ASN Pemkab Buleleng sangat berpeluang untuk kuliah di Program Magister Pertanian Unud.  Hal itu diungkapkan Dekan Fakultas Pertanian Unud Prof Dr Ir I Nyoman Gede Ustriyana MM, saat sosialisasi Program Magister Pertanian kepada Pemkab Buleleng di ruang unit IV Setda Buleleng, Rabu (15/6). Menurutnya, Unud sebagai lembaga pendidikan tingkat perguruan tinggi (PT), memiliki tanggung jawab memberikan manfaat peningkatan pendidikan ke strata yang lebih tinggi. Salah satunya kepada ASN. Terlebih sektor pertanian sebagai penyumbang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Buleleng. Potensi pertanian ini pun sangat memungkinkan untuk pengembangan dengan penyiapan SDM.

“Sektor paling utama di Kabupaten Buleleng adalah sektor pertanian, karena sektor pariwisata merupakan lahan dari Bali Selatan. Oleh karena itu, kami memperkenalkan dan memberi gambaran bagaimana prodi-prodi di Fakultas Pertanian Unud dengan keilmuannya ke depan  bisa meningkatkan kompetensi dan pembangunan pertanian di Buleleng,” ujarnya Prof Ustriyana.

Dia pun mengaku optimis bisa membuka kelas di Buleleng. Berkaca dari tahun sebelumnya, Magister Agribisnis yang pernah buka kelas di Buleleng, beberapa tamatnya sudah berhasil menjadi pemimpin. “Saya yakin dengan antusias seperti ini akan mampu memberikan peningkatan pertumbuhan pada sektor pertanian di Kabupaten Buleleng,” imbuh dia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng Gede Suyasa, mensupport ASN lingkup Pemkab Buleleng untuk meningkatkan kompetensi pendidikan pertaniannya. Dia tidak memungkiri bahwa pertanian merupakan salah satu leading sektor utama di Kabupaten Buleleng. Sehingga mewujudkan leading sektor pertanian agar menimbulkan dampak dan manfaat yang besar kepada daerah, harus didukung dengan kualitas SDM yang baik. “Kami beri kesempatan pegawai ASN lingkup Pemkab Buleleng untuk mendengarkan dan kiranya ada yang minat, kami akan support melalui izin belajar,” kata birokrat asal Desa/Kecamatan Tejakula ini. *k23

Komentar