nusabali

Giliran KPU Gianyar Tempuh Upaya Niskala

Hadapi Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-giliran-kpu-gianyar-tempuh-upaya-niskala

GIANYAR, NusaBali
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menempuh upaya niskala dengan nunas ica (persembahyangan) ke sejumlah Pura di Bali, pada Buda Paing Kuningan, Rabu (15/6).

Nunas ica jajaran KPU Gianyar ini untuk kelancaran pelaksanaan tahapan Pemilu 2024, yang sudah dimulai, Selasa (14/6) kemarin.  Dipimpin langsung Ketua KPU Gianyar Putu Agus Tirta Suguna jajaran KPU Gianyar nunas ica di Pura Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Pura Ulundanu, Desa Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Selain itu, persembahyangan juga digelar di empat Pura yang memiliki makna ngider buana (simbul arah mata angin/penjuru) di Kabupaten Gianyar, seperti: Pura Samuantiga (arah utara), Pura Masceti (selatan), Pura Durga Kutri (barat) dan Pura Sada (timur).

Tahapan Pemilu tahun 2024 dimulai pada 14 Juni 2022 sekaligus peluncuran resmi dimulainya tahapan Pemilu. Tahapan Pemilu digelar selama 20 bulan dihitung mundur dari hari pemungutan suara yang diputuskan jatuh tanggal 14 Februari 2024.

Ketua KPU Gianyar Agus Suguna mengatakan jajarannya sudah siap melaksanakan tahapan-tahapan pemilu, pemilihan Presiden-Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. “Selain penguatan kelembagaan dan SDM (sumber daya manusia), jajaran KPU Gianyar menempuh jalur niskala dengan nunas ica di sejumlah Pura untuk kelancaran pelaksanaan tahapan Pemilu,” ujar Agus Suguna.

Kata Suguna, dengan dimulainya tahapan pemilu, tidak ada waktu leha-leha bagi komisioner. “Tahapan sudah mulai, seluruh jajaran KPU tidak lagi ada istilah hari kalender. Tidak kenal tanggal merah, semua kerja. Nggak ada libur,”  pria asal Banjar Kederi, Desa Singapadu Kaler, Kecamatan Sukawati ini.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan Pemilu 2024 untuk proses pendaftaran dan verifikasi Parpol akan dilaksanakan mulai 29 Juli 2022 sampai 12 Desember 2022. Dari 13 Parpol peserta Pemilu Tahun 2019 lalu, kali ini diprediksi ada penambahan parpol peserta Pemilu. “Di Gianyar, kemungkinan ada penambahan partai peserta pemilu. Kita tunggu pusat. Karena prosesnya satu pintu. Semua data parpol diserahkan ke pusat, dari pusat diturunkan melalui sistem informasi parpol (sipol),” jelas Agus Suguna. *nvi

Komentar