nusabali

Sekda Alit Wiradana Pantau Pengangkutan Sampah di TPS

  • www.nusabali.com-sekda-alit-wiradana-pantau-pengangkutan-sampah-di-tps

DENPASAR, NusaBali
Setelah terjadinya penumpukan sampah di beberapa titik di Kota Denpasar beberapa waktu lalu, Sekda Ida Bagus Alit Wiradana terus melakukan pemantauan terhadap penanganan sampah-sampah tersebut.

Salah satu pantauannya dilakukan di beberapa tempat penampungan sementara (TPS) di Kota Denpasar, Rabu (15/6).
Sekda Alit Wiradana turun langsung memastikan bawahannya bekerja dengan baik dalam menangani tumpukan sampah. TPS yang disasar yakni TPS Jalan Tukad Citarum, Kelurahan Panjer, Denpasar Selatan dan TPS Jalan Gunung Karang, Desa Tegal Kerta, Denpasar Barat.

Di sela peninjauan, Sekda Alit Wiradana menekankan agar seluruh jajaran Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) bekerja optimal guna mengatasi penumpukan sampah terutama pasca hari besar keagamaan. Dia berharap, penanganan ini dapat tuntas secepat mungkin. Sehingga tidak mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar.

Selain itu Sekda Alit Wiradana juga meminta agar Dinas LHK lebih intens berkoordinasi dengan aparat desa atau kelurahan yang mempunyai tempat pembuangan sampah reduce, reuse, recycle (TPS3R) agar memaksimalkan pengolahan sampah berbasis sumber, serta melakukan pemilahan sampah.

“Sesuai arahan Bapak Walikota, saya minta segera tangani penumpukan sampah ini. Kami juga sudah instruksikan agar semua TPS dipantau, diantisipasi, dan dioptimalkan pengangkutannya secara berkala, sehingga sampah tidak meluber dan menumpuk,” kata Sekda Alit Wiradana.

Kadis LHK Kota Denpasar Ida Bagus Putra Wirabawa didampingi Kabid Kebersihan Dinas LHK Wayan Adi Wiguna, mengatakan saat ini petugas dari Dinas LHK sedang melaksanakan penanganan. Sehingga seluruh sampah yang ada di lokasi TPSS eks Pasar Loak, Jalan Gunung Agung dapat ditangani. “Penanganan dilaksanakan secara bertahap, semoga bisa segera tuntas,” ucapnya.

Gustra, sapaan akrab Ida Bagus Putra Wibawa, menjelaskan sampah rumah tangga dan sisa upakara masih mendominasi. Sehingga saat ini pihaknya menerjunkan alat berat serta truk pengangkut guna mempercepat penanganan.

“Saat ini Pemkot Denpasar sedang menggenjot pembangunan TPS3R di desa/kelurahan dan 3 TPST untuk menangani masalah sampah,” kata Gustra. *mis

Komentar