nusabali

Dinas PKP Bangli Usulkan 11 Kelompok Tani Terima Bantuan Irigasi

  • www.nusabali.com-dinas-pkp-bangli-usulkan-11-kelompok-tani-terima-bantuan-irigasi

BANGLI, NusaBali
Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli mengusulkan sebelas kelompok tani di Kecamatan Kintamani menerima bantuan irigasi perpompaan.

Usulan diajukan ke Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian RI. Dinas PKP Bangli mulai melakukan verifikasi lapangan.

Sub Koordinator Pengelola Lahan dan Air Dinas PKP Bangli, Dewa Ayu Rahma, mengatakan Dinas PKP Bangli mengajukan usulan bantuan irigasi perpompaan sejak tahun 2020. Namun bantuan yang ditunggu-tunggu kelompok tani belum turun. Dinas PKP Bangli pun kembali mengajukan usulan pada tahun 2021. “Ada penambahan kelompok yang kami ajukan. Dari usulan tersebut, pusat meminta melakukan verifikasi,” ungkap Dewa Rahma, Selasa (14/6).

Dewa Ayu Rahma mengungkapkan, petugas sudah turun melakukan verifikasi di empat kelompok tani. Salah satu kelompok tani yang telah diverifikasi yakni Kelompok Tani Ternak Paramitha di Desa Belandingan. “Verifikasi untuk memastikan calon penerima dan calon lokasi bantuan irigasi perpompaan,” ungkap Dewa Ayu Rahma. Besaran bantuan yang diterima tiap kelompok tani Rp 100 juta.

Dana langsung ditransfer ke masing-masing rekening kelompok tani. “Harapannya tahun ini bantuan kepada kelompok tani bisa cair sehingga produktivitas petani bisa meningkat. Bantuan irigasi perpompaan untuk mendukung petani, khususnya hortikultura,” jelas Dewa Ayu Rahma. *esa

Komentar