nusabali

Harga Cabai Rawit Masih Melambung

  • www.nusabali.com-harga-cabai-rawit-masih-melambung

MANGUPURA, NusaBali
Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Badung hingga saat ini tergolong masih tinggi.

Rata-rata harga cabai rawit Rp 77.000 per kilogram. Sedangkan cabai besar rata-rata Rp 55.500 per kilogram. Kepala Bagian Perekonomian Setda Badung Anak Agung Sagung Rosyawati, menjelaskan dari hasil pemantauan sebelum Hari Raya Galungan sudah menunjukkan harga cabai rawit mengalami kenaikan. Namun, dirinya belum berani memastikan penyebab naiknya harga komoditas cabai tersebut. Pihaknya menduga kenaikan harga dipengaruhi oleh proses distribusi yang terlambat.

“Kemarin saya cek harganya masih tinggi. Kalau di Badung harganya Rp 70.000 sampai Rp 80.000 per kilogram. Tetapi di luar Badung saya cek juga ada yang mencapai Rp 100.000 per kilogram,” ujar Rosyawati, Selasa (14/6).

Rosyawati mengaku telah melakukan pengecekan ke daerah yang menjadi penyuplai cabai ke sejumlah pasar di Badung. Untuk diketahui, distributor besar di Badung untuk cabai antara lain berasal dari Pasar Galiran, Klungkung, dan Pasar di Jalan Cokroaminoto, Denpasar. “Pengaruh harga naik itu bisa dipengaruhi ketersediaannya sedikit atau proses distribusi yang terhambat. Tapi kami cek di Pasar Galiran (pasar di Kabupaten Klungkung penyuplai cabai ke Badung, Red) ternyata ketersediaannya ada. Harganya berkisar Rp 55-60 ribu per kilogram,” bebernya.

Selain itu, ada informasi dari petani yang menyebut salah satu daerah yang menjadi produsen cabai mengalami gagal panen. Semestinya Juni sudah memasuki panen raya, sehingga seperti tahun-tahun sebelumnya harga cabai tidak terlalu tinggi. “Dari tahun-tahun sebelumnya karena sudah mulai musim hujan biasanya November harga cabai sudah mulai naik, dan Februari menjadi puncaknya. Kemudian Maret maksimal April sudah mulai turun sampai panen raya di Juni-Juli. Tahun ini belum ada penurunan harga cabai. Sempat turun sebentar tapi naik lagi,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Badung Wayan Wijana menyebutkan, hingga kini belum menerima laporan gagal panen cabai. Bahkan menurutnya, harga cabai di petani cukup menguntungkan lantaran dapat menambah pendapatan. “Hasil survey pasar harga cabai Rp 65.000 di petani dan harga eceran Rp 80 ribu per kilogram,” sebutnya. *ind

Komentar