nusabali

Hanura dan Perindo Yakin Lolos Pemilu 2024

Sesumbar Membentuk Fraksi di DPRD Karangasem

  • www.nusabali.com-hanura-dan-perindo-yakin-lolos-pemilu-2024

AMLAPURA, NusaBali
Meskipun tidak memenuhi syarat PT (parliamentary threshold) minimal 4 persen pada Pemilu 2019, dua parpol gurem (parpol peraih suara rendah di Pemilu,red) di Karangasem, Partai Hanura dan Perindo optimis bakal lolos verifikasi administrasi dan faktual sebagai salah satu syarat menjadi peserta Pemilu 2024.

Bahkan, Hanura dan Perindo sama-sama sesumbar yakin membentuk fraksi di DPRD Karangasem. Ketua DPC Hanura Karangasem I Wayan Budi mengatakan yakin Partai Hanura akan lolos sebagai peserta Pemilu 2024, dengan melewati proses verifikasi faktual yang akan dilakukan KPU. “Kami optimis lolos sebagai peserta Pemilu 2024. Bahkan, kita optimis membentuk fraksi di DPRD Karangasem di Pemilu 2024,” ujar Budi dihubungi NusaBali, di Amlapura, Karangasem, Selasa (14/6) siang.

Budi mengatakan Hanura di Karangasem kini tengah melengkapi kepengurusan di tingkat kecamatan. Sementara, berdasarkan hasil Pileg 2019 lalu, Hanura merebut 3 kursi dari 45 kursi yang tersedia di DPRD Karangasem. Kader Hanura yang lolos adalah Budi sendiri (dapil Karangasem I), Ni Putu Sriadi (dapil Karangasem IV) dan I Komang Dwi Purwa Adi Susila ( dapil Karangasem VI). Mereka ini akan maju lagi di Pemilu 2024 sebagai incumbent.  “Kita tinggal merebut 1 kursi saja di Pemilu 2024, sehingga memenuhi syarat membentuk fraksi di DPRD Karangasem. Kami yakin bisa,” sesumbar Budi.  

Sementara Ketua DPD Perindo Karangasem I Ketut Mangku mengaku pasang dua target di Pemilu 2024.  Target pertama lolos Pemilu 2024, target kedua menaikkan perolehan kursi legislatif, dari 2 kursi menjadi 4 kursi legislatif, sehingga mampu membentuk fraksi di DPRD Karangasem. “Konsentrasi saya yang pertama, agar lolos Pemilu Legislatif 2024, setelah itu barulah pasang target membentuk fraksi di DPRD,” ujar Mangku.

Perindo Karangasem di Pileg 2019, mampu meloloskan dua kader sebagai anggota DPRD Karangasem. Kedua anggota DPRD Karangasem dari Perindo, I Putu Eka Juliawan dari dapi Karangasem IV dan I Ketut Mangku dari dapil Karangasem V. Keduanya sudah pasti akan maju lagi sebagai incumbent di Pileg 2024. *k16

Komentar