nusabali

Tim Gabungan Intensifkan Razia Kartu Vaksinasi

Antisipasi Lonjakan Covid-19 di Jembrana

  • www.nusabali.com-tim-gabungan-intensifkan-razia-kartu-vaksinasi

NEGARA, NusaBali
Dalam upaya mencegah lonjakan kasus Covid-19, petugas gabungan di Kabupaten Jembrana tetap menggalakkan kegiatan pendisiplinan protokol kesehatan (prokes), termasuk mengintensifkan kegiatan vaksinasi yang juga dibarengi razia kartu vaksinasi.

Seperti yang dilaksanakan pada Selasa (14/6) pagi. Petugas dari unsur Kepolisian, TNI, dan Satpol PP Jembrana, dikerahkan untuk memeriksa kartu ataupun sertifikat vaksinasi warga yang melintas di depan Mapolres Jembrana, Jalan Pahlawan, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana. Selain di jalan, pemeriksaan kartu vaksinasi itu juga menyasar warga yang masuk fasilitas Sentral Parkir Jembrana di seberang Polres Jembrana.

Sejumlah warga yang didapati belum divaksin, diarahkan mengikuti vaksinasi di Klinik Pratama Polres Jembrana. Di samping mengecek kartu vaksin, sejumlah warga yang belakangan tampak mulai jarang menggunakan masker, diimbau agar tetap memakai masker saat keluar rumah atau ke tempat-tempat umum.

Sesuai data hasil kegiatan razia kartu vaksinasi pada Selasa kemarin, terjaring sebanyak 30 orang yang belum divaksin. Dari 30 orang itu, ada 10 orang yang belum vaksinasi dosis I. Selebihnya, 11 orang belum vaksinasi dosis II, dan 9 orang belum vaksinasi dosis III (booster).

Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan Daerah pada Satpol PP Jembrana I Ketut Jaya Wirata, mengatakan kegiatan vaksinasi yang dibarengi razia kartu vaksin di depan Polres Jembrana itu, rutin diadakan sejak 3 Juni 2022 lalu. Kegiatan yang dikoordinir Polres Jembrana itu, juga salah satu rangkaian HUT Bhayangkara.  

“Itu rutin dilakukan sejak 3 Juni kemarin. Ke depan, kegiatan razia vaksinasi itu juga akan diintensifkan untuk meningkatkan kekebalan kelompok masyarakat (herd immunity) di Jembrana. Dengan harapan kasus Covid-19 yang sudah melandai, tidak kembali naik,” ucap Jaya Wirata.

Di samping kegiatan gabungan tersebut, Jaya Wirata mengatakan, jajaran Satpol PP Jembrana pun tetap merutinkan kegiatan patroli malam hari. Di samping untuk menjaga keamanan, dalam tiap kegiatan patroli malam hari dengan menyisir seputaran areal Civic Center ataupun kawasan kota Negara itu juga mengingatkan masyarakat agar selalu disiplin menerapkan prokes.

Sementara berdasar data Satgas Penanganan Covid-19 Jembrana per Senin (14/6), terkait capaian vaksinasi dosis I di Jembrana sudah menembus 114,26 persen atau sebanyak 263.545 orang dari target 230.654 orang. Sedangkan capaian vaksinasi dosis II sebanyak 229.571 orang atau 99,53 persen. Sementara untuk vaksinasi dosis III dengan jumlah target 218.868 orang, tercapai sebanyak 123.409 orang atau 56,39 persen. *ode

Komentar