nusabali

Penonton Pergelaran Perdana PKB Wajib Berpakaian Adat

  • www.nusabali.com-penonton-pergelaran-perdana-pkb-wajib-berpakaian-adat

DENPASAR, NusaBali.com - Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Gede Arya Sugiartha meminta masyarakat yang ingin menonton pergelaran perdana Pesta Kesenian Bali XLIV pada Minggu (12/6/2022) wajib berpakaian adat Bali dan sudah mendapatkan vaksinasi penguat (booster).

"Jika tidak menggunakan pakaian adat Bali dan belum vaksin booster, tidak diizinkan masuk ke Panggung Terbuka Ardha Candra pada pergelaran perdana PKB XLIV," kata Arya Sugiartha, Sabtu (11/6/2022).

PKB ke-44 tahun 2022 akan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandi, Denpasar, pada Minggu (12/6/2022) siang.

Kemudian malam harinya akan dilanjutkan dengan pergelaran perdana di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Provinsi Bali yang akan menampilkan Tari Bali Dwipa Jaya yang merupakan maskot Pemerintah Provinsi Bali dan Tari Baris Anak-Anak Bandana Manggala Yudha.

Kemudian Sendratari "Catur Kumba Mahosadhi" garapan kolaborasi Institut Seni Indonesia Denpasar dengan Sanggar Seni Usadhi Langu.

Mendagri Tito Karnavian dan Gubernur Bali Wayan Koster juga akan menyampaikan sambutan pada acara pergelaran perdana PKB tersebut.

Arya Sugiartha menambahkan selain disiagakan petugas, di pintu masuk dipasang scan barcode PeduliLindungi untuk men-skrining penonton.

"Itu arahan dari Bapak Gubernur sudah sangat tegas dan pihak keamanan akan bertindak sesuai dengan prosedur," ucap mantan Rektor ISI Denpasar itu.

Selain masyarakat bisa menonton pergelaran perdana PKB ke-44 di Panggung Ardha Candra dengan kapasitas 8.000 penonton tersebut, pihaknya juga sudah menyampaikan undangan ke sejumlah pihak.

"Kami mengundang seluruh perbekel (kepala desa) dan bandesa adat (pemimpin desa adat) seluruh Bali sudah konfirmasi hadir," ujarnya.

Demikian juga setiap perguruan tinggi akan mengerahkan masing-masing 100 mahasiswa. Dinas Pendidikan Provinsi Bali akan mengerahkan 3.500 siswa dan guru SMA/SMK di seluruh Bali.

PKB ke-44 akan berlangsung selama sebulan penuh dari 12 Juni-10 Juli 2022 dengan melibatkan sebanyak 16.150 seniman dan 200 sanggar, sekaa, dan komunitas seni.

Tidak hanya diisi seniman dari berbagai daerah di Bali, Pesta Kesenian Bali untuk tahun ini juga diikuti partisipasi luar daerah yakni Daerah Istimewa Yogyakarta, Papua, Batak, Lombok Sasak, dan Betawi.

Agenda tahunan PKB kali ini juga terbilang istimewa karena ada dua agenda seni tradisi lainnya yang juga dilaksanakan berbarengan dengan PKB. Dua agenda tersebut yakni Bali World Cultural Celebrations (BWCC) yang digelar 12-25 Juni 2022 dan Jantra Tradisi Bali mulai 20 Juni-6 Juli 2022.*ant

Komentar