nusabali

Guru Sibuk Isi Blangko Ijazah

  • www.nusabali.com-guru-sibuk-isi-blangko-ijazah

AMLAPURA, NusaBali
Para guru SMA dan Madrasah Aliah (MA) di Karangasem sedang sibuk mengisi 3.438 blangko ijazah.

Pendistribusian blangko ijazah tahun ini lebih cepat dari biasanya. Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Negeri Karangasem Wayan Sugiana menjelaskan, blangko ijazah telah dibagikan ke semua sekolah. Saat ini sedang pengisian blangko ijazah, namun siswa belum cap tiga jari.

Wayan Sugiana mengungkapkan, di Karangasem ada 9 SMA negeri, 9 SMA swasta, 1 MAN, dan 1 MA swasta. Sugiana yang juga Kasek SMAN 2 Amlapura mengapresiasi blangko ijazah terbit lebih cepat. Selanjutnya Dinas Pendidikan Provinsi Bali memanggil para kepala sekolah untuk pembagian blangko sesuai jumlah siswa yang ikut ujian. Tidak ada cadangan blangko ijazah.

SMAN 2 Amlapura menyertakan 358 siswa mengikuti ujian sekolah. Jurusan bahasa sebanyak 55 siswa, jurusan IPA sebanyak 196 siswa, dan jurusan IPS sebanyak 107 siswa. Pemerintah pusat menerbitkan ijazah dengan hologram. Ijazah terdiri dari dua muka, dicetak bolak-balik. Halaman depan berisi identitas dan redaksi, halaman belakang berisi daftar nilai beserta nama dan mata pelajaran. Pengisian blangko ijazah dengan tulis tangan, tinta hitam, huruf yang benar, jelas, rapi, bersih, dan mudah dibaca. Jika terjadi kesalahan dalam pengisian ijazah harus diganti dengan blangko baru.

Kasek SMA PGRI Amlapura I Ketut Jelantik mengaku telah menerima sebanyak 180 blangko ijazah. Sudah melakukan pengisian untuk tiga jurusan. Masing-masing jurusan bahasa sebanyak 76 siswa, jurusan IPA sebanyak 72 siswa, dan jurusan IPS sebanyak 32 siswa. Di Karangasem tercatat 20 SMA dan MA yang menunggu blangko ijazah. *k16

Komentar