nusabali

PDAM Antisipasi Peningkatan Kebutuhan Air saat Galungan

  • www.nusabali.com-pdam-antisipasi-peningkatan-kebutuhan-air-saat-galungan

SINGARAJA, NusaBali
Pemakaian air diprediksi akan meningkat saat Hari Raya Galungan dan Kuningan di Buleleng.

Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng atau PDAM Buleleng memastikan suplai air selama hari raya tetap aman. Untuk itu, PDAM melakukan upaya tambah booster guna menambah tekanan air, menyediakan mobil tangki air keliling, hingga siagakan petugas 24 jam sebagai antisipasi jika suplai air terganggu saat libur hari raya.

Menurut Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng, Made Lestariana, penggunaan air diperkirakan akan meningkat selama Hari Raya Galungan dan Kuningan. Saat itu banyak warga melakukan aktivitas upacara sehingga kebutuhan air cukup tinggi. "Kemudian kedatangan warga yang pulang dari merantau saat hari raya, menimbulkan kebutuhan air meningkat dibanding hari biasanya," kata Lestariana, Senin (6/6).

Kebutuhan air diprediksi akan meningkat hingga sekitar 20 persen dari hari biasanya. Imbasnya bisa terjadi penurunan tekanan air. Untuk menjamin kelancaran pasokan air, PDAM memasang booster tambahan di empat zona di wilayah Kota Singaraja. Yakni di Kerobokan, Tegal Sari, Sambangan, dan Petandakan.

"Untuk di cabang wilayah lain, kondisi pelayanan dan debit aman. Yang masih ada gangguan itu di cabang Seririt dan Busungbiu, karena posisinya berada di ketinggian. Upaya yang dilakukan saat ini mengoptimalkam pemanfaatan spam Buana dengan memperbesar serapannya," jelas Lestariana.

Selain itu, untuk menjamin kelancaran pelayanan, PDAM menyiagakan petugas selama 24 jam. Sedangkan unit produksi melakukan perawatan instalasi produksi dengan kondisi terkini guna memaksimalkan pelayanan. Upaya optimalisasi juga dilakukan di sumber air seperti di Taman Wira Sambangan," jelas Lestariana.

PDAM juga melakukan upaya antisipasi gangguan pelayanan dengan menyiapkan genset jika terjadi gangguan listrik. Kemudian menyiagakan mobil tangki untuk menjaga kelancaran pelayanan di hari raya. "Petugas juga melakukan penelusuran pipa transmisi dari sumber ke resevoar. Kalau ada kebocoran diperbaiki sehingga input air baku dari sumber ke resevoar bisa maksimal," katanya. *mz

Komentar