nusabali

Pemkab Bangli Dapat Penghargaan Realisasi Peningkatan PAD Tertinggi

  • www.nusabali.com-pemkab-bangli-dapat-penghargaan-realisasi-peningkatan-pad-tertinggi

BANGLI, NusaBali
Pemkab Bangli dapat penghargaan realisasi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) tertinggi tahun 2021.

Penghargaan diterima oleh Staf Ahli Bupati, I Wayan Sarma, di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (3/6). Selanjutnya Wayan Sarma menyerahkan penghargaan itu kepada Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta di halaman Kantor Bupati Bangli, Senin, (6/6). Bupati menerima penghargaan didampingi Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Sekda Bangli Ida Bagus Gede Giri Putra, dan seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan ASN di lingkungan Pemkab Bangli.

Bupati Sedana Arta mengatakan, Bangli mendapatkan peringkat pertama untuk kategori kabupaten. “Penilaian oleh pemerintah pusat melalui Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri berdasarkan laporan realisasi anggaran yang dilaporkan setiap bulan,” ungkap Bupati Sedana Arta. Menurut Bupati Sedana Arta, pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021 merupakan tahun terberat dan tersulit karena pandemi Covid-19. Dengan kegigihan serta kerja keras dan semangat membangun Bangli, segala rintangan dapat dilalui.

Bupati asal Desa Sulahan Kecamatan Susut Bangli ini mengungkapkan, strategi yang diterapkan yakni sosialisasi secara berkala kepada wajib pajak, digitalisasi pajak dan retribusi untuk menghindari kebocoran dan meningkatkan transparansi. Melakukan pemetaan, pengembangan dan pengawasan potensi pajak serta retribusi secara intensif. Memberikan reward dan punishment terhadap wajib pajak dengan membentuk Tim Wasjak. “Dengan kerja keras, realisasi PAD tahun anggaran 2022 dapat kami maksimalkan sehingga rencana belanja daerah yang sudah ditetapkan pada APBD tahun anggaran 2022 bisa tetap terbiayai. Semoga penghargaan ini dapat dipertahankan,” harap Bupati Sedana Arta.

Kepala BKPAD Kabupaten Bangli, I Dewa Agung Bagus Riana Putra menambahkan, penghargaan yang diraih Kabupaten Bangli adalah peringkat pertama penghargaan realisasi peningkatan PAD tertinggi tahun 2021 dari Kementerian Dalam Negeri RI untuk kategori kabupaten. Jenis penghargaan yang diberikan pada acara tersebut dibagi menjadi 3 kategori penganugrahan penghargaan tertinggi yakni realisasi pendapatan tertinggi bagi pemprov, pemkab, dan pemkot. Realisasi belanja tertinggi bagi pemprov, kabupaten, dan pemkot. Realisasi PAD tertinggi bagi pemprov, pemkab, dan pemkot. *esa

Komentar