nusabali

OPD di Gianyar Bangkitkan Tradisi Mapatung

  • www.nusabali.com-opd-di-gianyar-bangkitkan-tradisi-mapatung

GIANYAR, NusaBali
Seluruh OPD di lingkungan Pemkab Gianyar kompak mapatung menjelang Hari Raya Galungan, Senin (6/6) pagi.

Seekor babi dipotong lanjut dibagikan merata pada pegawai. "Kami dari Disperindag beli langsung di peternak babi di Desa Tegallalang, Gianyar," jelas Kepala Disperindag Gianyar Luh Gede Eka Suary. Dengan membeli babi, dia mengaku  sudah membantu peternak.  

Harga babi hidup yang diambil di peternak sekitar Rp 40.000/kg. Di pasaran, harga daging samsam kisaran Rp 80.000/kg. "Tim kami cek di pasaran. Harga daging babi selama seminggu ini memang agak naik, namun relatif wajar. Sebab saat ini kebutuhan akan daging babi relatif tinggi untuk Hari Raya Galungan," jelasnya.  Harga yang naik turun, kata Eka Suary, tergantung di peternak. Sejauh ini masyarakat tidak ada yang mengeluhkan kenaikan harga daging babi.

Salah seorang peternak, Radit mengatakan bersyukur bisa menjual dua ekor babinya untuk Galungan ini. Terlebih lagi saat ini harga jualnya relatif bagus. Berat total seekor babinya mencapai 105 kg, dengan harga Rp 40.000/kg. "Harga ini standar, tidak murah dan juga tidak terlalu tinggi," ujarnya.

Dengan kondisi seperti ini, Radit pun mengaku semangat kembali beternak babi. "Dulu babi sempat sulit, bahkan Galungan dua tahun lalu, meskipun harga babi mahal tapi tidak ada yang beli, karena masyarakat tidak punya uang. Waktu itu banyak yang beralih ke daging ayam. Mudah-mudahan kondisi baik saat ini terus terulang," harapnya.*nvi

Komentar