nusabali

Bupati dan Wakil Bupati Karangasem Ucapkan Selamat Hari Raya Galungan

Imbau Masyarakat Gunakan Padang Kasna sebagai Sarana Upakara

  • www.nusabali.com-bupati-dan-wakil-bupati-karangasem-ucapkan-selamat-hari-raya-galungan

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem I Gede Dana bersama Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan kepada umat Hindu di Karangasem.

Bupati dan Wabup Karangasem mendoakan masyarakat Karangasem diberkahi kesehatan, kerahayuan, dan selalu dilindungi Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Jelang Hari Raya Galungan, Pemkab Karangasem menggelar pasar murah untuk menjamin warga Karangasem mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Bupati Gede Dana bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) memonitoring harga buah, bunga, dan berbagai kebutuhan pokok lainnya yang banyak dicari dan diperlukan masyarakat, khususnya umat Hindu. Bupati Gede Dana memerintahkan Kadisperindag menjaga stabilitas harga kebutuhan agar tetap wajar. Khusus bahan upakara, masyarakat disarankan pakai padang kasna. “Masyarakat mempercayai padang kasna adalah anugerah Ida Bhatara yang berstana di Gunung Agung,” ungkap Bupati Gede Dana saat jumpa wartawan di ruang kerjanya, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Minggu (5/6).

Padang kasna yang berwarna putih dan bersih menjadi lambang kesucian dan kejernihan pikiran. Padang kasna merupakan bunga khas Kabupaten Karangasem yang digunakan sebagai sarana upakara. “Kami mengimbau masyarakat menggunakan padang kasna sebagai sarana upakara dalam setiap perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan,” imbau Bupati Gede Dana. Pemkab Karangasem berkomitmen terhadap sumber daya lokal dengan berperan aktif untuk melindungi, melestarikan, dan mengembangkan padang kasna sebagai jati diri masyarakat Karangasem yang berkarakter dan berintegritas.

Bupati Gede Dana mengajak masyarakat meningkatkan srada bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Tetap menjaga dan melestarikan adat, tradisi, dan budaya adiluhung yang menjadi kepribadian masyarakat di Kabupaten Karangasem. *k16

Komentar