nusabali

Lulusan SMK Kesehatan Didorong ke Perguruan Tinggi

  • www.nusabali.com-lulusan-smk-kesehatan-didorong-ke-perguruan-tinggi

SINGARAJA, NusaBali
Lulusan SMK Kesehatan dinilai memiliki peluang besar untuk berkarier di luar negeri. Hanya saja untuk mencapai tujuan itu lulusan didorong meningkatkan dan menambah pengetahuannya demgan melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi (PT).

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra saat menghadiri pelepasan siswa kelas XII SMK Kesehatan Surya Medika, Sabtu (4/6) malam di RTH Taman Yowana Asri.  Wabup Sutjidra dalam sambutannya mengatakan menyatakan kompetensi bidan dan perawat saat ini sangat dibutuhkan di sejumlah negara di Asia. Seperti di Jepang dan Korea Selatan yang saat ini mengalami pertumbuhan penduduk yang minus. Di negara-negara maju ini profesi bidan dan perawat peluangnya sangat terbuka lebar.

"Peluang kerja di sana sangat besar. Karena lulusan spesifikasi sarjana kebidanan dan sarjana keperawatan sangat jarang. Di sisi lain pertumbuhan penduduknya minus. Ini peluang kita mengisi kekosongan itu, " kata Wabup yang juga seorang dokter ini.

Hanya saja peluang besar itu perlu ditindaklanjuti dengan menjalin kerjasam dengan pihak luar negeri. Sehingga lulusan kebidanan dan keperawatan di Bulelemg dapat terserap maksimal. Namun dia memgingatkan kembali untuk dapat bekerja di. luar negeri juga perlu memenuhi standar internasional.

Sutjidra pun mendorong siswa  lulusan SMK Kesehatan dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi sehingga mendapat pengetahuan dan keterampilan terkait keilmuan yang dipilih. "Kelanjutan pendidikan itu penting. Apalagi lulusan SMK Kesehtan sudah sangat menjurus. Jadi, sebuah kewajiban untuk melanjutkan baik mengambil ahli madya seperti bidan dan perawat. Termasuk ners dalam profesi keperawatan agar memgantongi sertifikat kompetensi, " terang Sutjidra. *k23

Komentar