nusabali

BPD Bali Diminta Terus Gairahkan Ekosistem Produk Lokal

Gubernur Koster Ucapkan Selamat Bank BPD Bali Berusia 60 Tahun

  • www.nusabali.com-bpd-bali-diminta-terus-gairahkan-ekosistem-produk-lokal

DENPASAR, NusaBali
Gubernur Bali, Wayan Koster mengucapkan selamat kepada Bank BPD Bali yang sudah berusia ke-60 tahun saat menghadiri perayaan puncak HUT Bank BPD Bali di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya, Denpasar pada Redite Paing Dungulan, Minggu (5/6).

Dia mengharapkan Bank BPD Bali semakin maju berinovasi, kreatif dan bisa bersaing dengan perkembangan jaman khususnya di dalam memasuki persaingan antar lembaga keuangan negara, baik di Bali maupun nasional.

Perayaan Puncak HUT Bank BPD Bali ke-60 juga dihadiri Perwakilan DPRD Bali, Bupati/Walikota se-Bali, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho, Kepala OJK Regional 8 Bali-Nusra Giri Tribroto, dan Direktur Utama Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma dengan menggunakan busana berbahan kain tenun endek Bali.

Dalam sambutannya, Gubernur Koster menekankan BPD Bali untuk menjaga identitas budaya Pulau Bali dengan menggairahkan ekosistem produk lokal di Bali, salah satunya mengajak pegawai Bank BPD Bali untuk menggunakan busana berbahan kain tenun endek Bali.

"Sehingga ekonomi rakyat kita di Bali seperti IKM dan UMKM-nya akan hidup, dan saya mendorong BPD Bali untuk terus bergerak di sektor ekonomi kerakyatan serta betul-betul menjadi pilar untuk memperkuat dukungan terhadap pembangunan Bali, sesuai slogannya Bank Pembangunan Daerah Bali," tegas orang nomor satu di Pemprov Bali ini.

Mantan Anggota DPR RI tiga periode dari Fraksi PDIP ini juga menilai kinerja Bank BPD Bali secara umum cukup baik. “Karena saya biasa menganalisa bank-bank besar, kalau ini kapasitasnya kecil bagi saya, jadi mudah menganalisa,” katanya. Terobosan juga sudah dilakukan oleh BPD Bali dengan meluncurkan online onboarding dan ini Bank BPD pertama yang meluncurkan dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Gubernur Koster juga mengamati sistem layanannya semakin baik dengan menerapkan teknologi digital, management juga semakin baik. Selain itu, BPD kinerjanya dalam KUR sangat baik, bahkan terbaik di Indonesia, begitu juga komitmennya terhdap IKM dan UMKM di Bali. "Contohnya semua pegawai BPD Bali menggunakan endek sekarang dan hal ini sangat sejalan dengan semangat saya, dimana saya sedang giat-giatnya mempromosikan produk lokal Bali," ujar Gubernur yang tercatat telah mengeluarkan Pergub Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali dan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali/Kain Tenun Tradisional Bali ini.

Gubernur Koster dalam sambutannya juga menilai kekurangan BPD Bali sebagai upaya mengevaluasi kinerjanya untuk maju berinovasi, kreatif dan bisa bersaing. "Kalau melihat kekurangannya tentu masih ada, dari segi SDM-nya harus dilakukan rekrutmen pegawai secara kompetitif, seleksi yang lebih bagus. Karena SDM adalah salah satu tumpuan kekuatan dalam memajukan BPD Bali. Kemudian sistem pengelolaan juga harus terus diperbaiki dengan mengikuti perkembangan teknologi digital saat ini. Saya kira ini akan terus maju ke depan, suka tidak suka BPD harus berdaptasi, termasuk juga dari sisi permodalannya, harus memadai sesuai level BPD," tegasnya.

Gubernur Koster menceritakan semenjak menjadi Gubernur Bali sebagai pemegang saham, dia selalu hadir dan aktif karena ingin mengimplementasikan pengetahuan saat di Badan Anggaran (Banggar) DPR RI selama 3 periode di sana menangani salah satunya Perbankan milik negara termasuk BUMN secara keseluruhan bersama BI dan OJK. Jadi pengetahuan itu yang diterapkan sekarang dalam mendampingi jajaran BPD Bali. “Untuk itu saya selalu hadir karena Provinsi Bali pemegang saham bersama Bupati dan Walikota di Bali,” katanya.

Mengakhiri sambutannya, ke depan Gubernur jebolan ITB ini berharap BPD Bali harus memiliki modal yang kuat, SDM yang bagus, sistem manajemen tata kelola yang bagus, hingga memiliki tampilan fisik (gedung) yang bagus.

Sementara itu Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Bali dan Kabupaten/Kota di Bali, sehingga BPD Bali bisa ikut berperan di dalam melaksanakan program yang diselenggarakan oleh Pemerintah di Bali. "Peran Bank BPD Bali di dalam pembangunan di Bali cukup tinggi, dilihat dari deviden yang dibagikan. Kami juga memberikan CSR salah satunya untuk penguatan desa adat, dimana kami turut men-support pembangunan Gedung Majelis Desa Adat (MDA)," beber Sudharma.

BPD Bali juga hadir untuk menguatkan sektor UMKM di Bali dengan membuka langsung showcase UMKM di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, selain juga secara konsisten melakukan penyaluran KUR, dan mendukung pembiayaan UMKM Cluster seperti garam tradisional lokal Bali yang diperjuangkan oleh Gubernur Koster. Selain itu BPD Bali turut andil di dalam mempercepat penggunaan produk dalam negeri, serta aktif dalam program bisnis matching melalui e-marketplace, sehingga Bali dapat menjadi percontohan.

Pada puncak Peringatan HUT ke-60 Bank BPD Bali kemarin ditandai dengan launching produk Layanan Digital Dana ‘Online on Boarding’ dan Layanan Digital Kredit ‘Digi Loan’. Dirut Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma mengatakan Online on Boarding merupakan produk lanjutan layanan perbankan elektronik yang mencakup pembukaan rekening (DPK) secara online tanpa harus datang ke kantor. “Sekaligus menjadi user (aktivasi) Aplikasi BPD Bali Mobile dan atau melakukan pendaftaran langsung untuk kepemilikan kartu ATM/Debet  bank melalui telepon seluler,” jelasnya.

Sedangkan Digi Loan, merupakan aplikasi pada analisis kredit produktif  yang menjadi bagian dari proses digitalisasi dengan sistem yang terintegrasi secara real time dengan didukung credit scoring seperti fintech. Tujuannya menyederhanakan  proses pemberian kredit dan mempercepat pengambilan keputusan kredit. Selain itu menghilangkan potensi human error yang disebabkan proses manual. Kemudian mempermudah nasabah dalam melakukan permohonan kredit kepada bank serta mempermudah memantau status permohonannya.

Menyambut Perayaan Puncak HUT Bank BPD Bali ke-60, Gubernur Koster bersama Perwakilan DPRD Bali, Bupati/Walikota se-Bali, Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali Trisno Nugroho, Kepala OJK Regional 8 Bali-Nusra Giri Tribroto, dan Direktur Utama Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma melakukan toast minuman Arakbica sebagai wujud keseriusan Pemprov Bali di dalam memberdayakan petani arak tradisional lokal Bali sesuai pelaksanaan Pergub Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi Dan/Atau Destilasi Khas Bali. *k17

Komentar