nusabali

Bank Sampah Desa Batuan Cairkan Tabungan

  • www.nusabali.com-bank-sampah-desa-batuan-cairkan-tabungan

GIANYAR, NusaBali
Uang warga dari hasil penjualan sampah plastik yang ditabung di Bank Sampah Praja Kerta, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Gianyar, terbukti menjadi berkah.

Nominal tabungan sampah plastik masyarakat desa ini menyentuh angka Rp 10 Juta lebih. Nilai ini merupakan hasil tukar sampah plastik yang ditabung oleh masyarakat sejak enam bulan lalu. Pencairan tabungan ini menjelang Hari Raya Galungan, Buda Kliwon Dungulan, Rabu (8/6), di Kantor Desa Batuan pada Jumat (3/6) siang. Ada tiga nasabah pemilik tabungan sampah plastik terbanyak. Mereka yakni Ni Ketut Pastini, PKK Banjar Gerih dengan jumlah tabungan Rp 277.625, Ketut Darsana warga Banjar Puaya dengan jumlah Rp 238.180, dan Jro Mangku Dalem Banjar Gerih dengan jumlah tabungan Rp 204.325.

"Astungkara niki menjadi pencairan tabungan kedua dan bank sampah telah berjalan lebih dari 1 tahun. Total tabungan sampah dari warga Batuan di periode ini lebih dari Rp 10 Juta," ungkap Ketua TP PKK Desa Batuan Kadek Dewi Sunastrini.

Istri Perbekel Batuan Ari Anggara ini memuji warganya yang sudah terbiasa memilah sampah. Sehingga berdampak positif terhadap lingkungan sekitar. "Matur suksma atas sami atensinya terhadap Bank Sampah Desa ini. Semoga semakin semangat dan semakin banyak yang sadar bahwa tujuan lain dari Bank Sampah selain ekonomi adalah kontribusi nyata untuk lingkungan kita," ujarnya.

Pencairan tabungan ke nasabah, dilakukan oleh para kader di masing-masing Banjar. Di Desa Batuan terdapat 17 banjar. Setiap Banjar rutin menghimpun sampah plastik masyarakat sebulan sekali. Dalam pengelolaannya, Bank sampah berbasis digital ini bekerjasama dengan Bank Sampah Induk Griya Luhu cetusan Pemuda Pelopor Kabupaten Gianyar Ida Bagus Mandara Brasika. "Pencairan tabungan dari Bank Sampah Praja Kerta ke Kader. Kemudian dari kader akan mencairkan ke pelanggan Bank Sampah masing-masing Banjar," imbuhnya.

Dewi Sunastrini berharap tabungan sampah plastik ini bisa membantu memenuhi kebutuhan hari raya. "Mudah-mudahan tabungan ini bisa digunakan bantu kegiatan Galungan. Kepada para kader agar tetap dijaga semangat dan setia ngayah untuk lingkungan. Gugah lagi warga yang belum ikut bank sampah, ajak bergabung," pintanya.*nvi

Komentar