nusabali

PHDI Mejaya-jaya, Gelar Ngelawar Bareng dan Doakan Kesuksesan G20

  • www.nusabali.com-phdi-mejaya-jaya-gelar-ngelawar-bareng-dan-doakan-kesuksesan-g20

DENPASAR, NusaBali.com - Pengurus anyar PHDI Provinsi Bali dan Kota Denpasar menjalani upacara Mejaya-jaya pada Jumat (3/6/2022) di Gedung PHDI Provinsi Bali  Jalan Ratna Denpasar.

Pengurus yang menjalani upacara tersebut meliputi Paruman Walaka, Pengurus Harian, Tim Hukum, Badan Penyiaran Hindu serta pengurus PHDI  Kota Denpasar.

Kegiatan itu bersamaan degan Pujawali di Padmasana, Gedung PHDI Provinsi Bali, yang digelar dengan upacara Padudusan Alit dan Caru Rsi Gana.

Upacara dipuput tiga sulinggih dari Paruman Pandita PHDI Bali, yakni  Ida Pedanda Gede Wayahan Wanasari, Ida Sira Mpu Dharma Sunu dan Ida Mpu Jaya Putra Pemuteran, dihadiri perwakilan unsur Walikota Denpasar, Ketua DPRD Denpasar, Kantor Agama Denpasar, Polresta Denpasar, Dandim 1611, Bendesa Adat Tonja, dan undangan lainnya.

Upacara ini diwarnai berbagai seni sakral seperti Rejang Dewa dan Rejang Renteng, Wayang Sudamala dan Topeng Sidakarya, Jumat (3/6/2022). Ketua PHDI Provinsi Bali, Nyoman Kenak berterimakasih atas partisipasi dan antusiasme sameton Hindu, yang menyumbang punia mulai dari seni-seni tari yang merupakan pertunjukan sakral, wayang sapuleger, topeng Sidakarya dengan segenap penabuh, dan aneka jajanan.

‘’Kami bersama PHDI Kota Denpasar, tentu juga dengan PHDI Kabupaten seluruh Bali, merasa sangat terharu dan penuh semangat, karena antusiasme sameton yang luar biasa. Setelah mejaya-jaya hari ini, mari kita bahu membahu melaksanakan program kita ke depan. Program bidang-bidang, Tim Hukum, Badan Penyiaran Hindu, semuanya sudah menunggu, dan kita upayakan berbuat sekuat yang kita mampu,’’ kata Nyoman Kenak.

Momentum tersebut juga menjadi ajang memperkuat kekompakan dan menyatukan persepsi dalam rangka memberi pelayanan kepada umat. Kenak mengatakan dirinya sangat bangga melihat dedikasi dan antusiasme jajaran pengurus dalam menyukseskan upacara pujawali.

Pedudusan alit sendiri baru pertama kali digelar di Gedung PHDI Bali. Dia menerangkan bahwa upacara ini mengandung makna menjaga keselarasan hubungan antara manusia dengan tuhan, manusia dengan lingkungan dan manusia dengan sesama.

“Ini salah satu tradisi dan budaya di Bali yang harus kita lestarikan. Meski dengan dana yang terbatas, tapi dilandasi rasa ikhlas dalam mengabdi, maka upacara ini bisa kamu lakukan. Terimakasih pihak-pihak yang telah mendukung kami,” ungkapnya.

Melalui ritual ini, Kenak mengatakan pihaknya mendoakan agar pelaksaaan G20 yang digelar di Bali pada Oktober mendatang dapat berlangsung lancar dan sukses. Dia juga akan Kembali mengagendakan sembahyang bersama menjelang pelaksanaan kegiatan berskala internasional itu.

Dia mengatakan PHDI berkomitmen mendukung upaya pemerintah di Bali dalam rangka memulihkan perekonomian yang anjlok akibat pandemi Covid-19. “Kami akan menggelar doa bersama nantinya, Bersama para sulinggih untuk mendoakan kegiatan G20 berjalan lancar,” pungkasnya.*

Komentar