nusabali

AP I Tunggu Rekomendasi KNKT

Pesawat Wings Air Terperosok di Bandara Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-ap-i-tunggu-rekomendasi-knkt

MANGUPURA, NusaBali
Pesawat Wings Air yang terperosok di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, jadi atensi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Penyelidikan yang dilakukan KNKT, selain mengetahui penyebab pesawat tersebut terperosok, sekaligus untuk menjadi rujukan rekomendasi perbaikan di lapangan. Meski sudah dilakukan penyelidikan, hasil pemeriksaan masih menunggu analisa di Jakarta. Nantinya setelah analisa tersebut akan ada rekomendasi yang dikeluarkan sebagai rujukan perbaikan di lapangan.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, mengatakan pemeriksaan pesawat Wings Air IW-1963 yang terperosok di landasan Bandara Ngurah Rai telah selesai dilakukan oleh KNKT. Pemeriksaan tersebut dilakukan selama 2 hari, yaitu pada 1- 2 Juni. Diakuinya, proses pemeriksaan lapangan yang dilakukan pihak KNKT memang telah selesai dilakukan. Baik kepada Angkasa Pura I Ngurah Rai, maskapai terkait, dan AirNav. “Namun hasil dari pemeriksaan itu belum bisa didapatkan, karena data yang diperoleh di lapangan masih dianalisa pihak KNKT untuk disimpulkan dan dievaluasi. Pemeriksaan dari KNKT itu terakhir dilakukan kemarin (Kamis). Pemeriksaan dilaksanakan menyeluruh,” kata Handy, Jumat (3/6).

Hany menjelaskan, pemeriksaan lapangan yang dilakukan KNKT pada dasarnya merupakan plenary report (data awal). Nantinya data tersebut dievaluasi di pusat, untuk kemudian difinalkan menjadi suatu rujukan rekomendasi perbaikan atau pembenahan di lapangan. Perbaikan tersebut tentu dilakukan secara menyeluruh dari semua aspek, seperti bagaimana kondisi sisi fasilitas di lapangan, kondisi maskapai terkait, maupun bagi AirNav terkait komunikasi lalulintas pesawat.

“Hasilnya seperti apa, kami masih menungggu rekomendasi pihak KNKT. Sebab lembaga itu merupakan lembaga independent yang tidak bisa diintevensi siapapun,” tegasnya.

Setelah rekomendasi itu keluar, lanjut Handu, hal itu juga akan dilakukan corrective action dari pihak KNKT. Hal itu dilakukan untuk melihat sejauh mana rekomendasi itu diterapkan di lapangan. Hasil rekomendasi tersebut diperkirakan bisa didapatkan sebulan setelah dilakukan pemeriksaan oleh KNKT. Terlebih kejadian itu tidak terlalu fatal, karena kondisi pesawat masih bisa beroperasi.

Sebelumnya diberitakan pesawat Wings Air mengalami musibah saat mendarat di Bandara Ngurah Rai, pada Selasa (31/5) siang. Beruntung kejadian itu tidak menyebabkan adanya korban jiwa. Pesawat membawa empat awak pesawat dan 68 penumpang dari Bandar Udara Zainuddin Abdul Madjid Lombok (LOP) tujuan Bandara Ngurah Rai. Pesawat lepas landas dari Lombok sekitar pukul 13.44 Wita dan mendarat di Bandara Ngurah Rai pukul 14.21 Wita. *dar

Komentar