nusabali

Bulan Bung Karno, UMKM Pameran di RTH

  • www.nusabali.com-bulan-bung-karno-umkm-pameran-di-rth

SINGARAJA, NusaBali
Berbagai jenis produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Buleleng dipamerkan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno, Lingkungan/Kelurahan/Kecamatan Sukasada, Buleleng, Jumat (3/6).

Pameran UMKM ini digelar serangkaian peringatan Bulan Bung Karno. Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Gede Suyasa mengatakan pameran UMKM ini sebagai salah satu upaya untuk membangkitkan perekonomian. Terlebih ada instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk memanfaatkan produk dalam negeri, membangun dan mengembangkan UMKM sebagai pondasi negara.

Menurut Suyasa tahun ini setelah dua tahun diterpa pandemi Covid-19, seluruh elemen masyarakat harus saling menguatkan. Salah satunya dengan memakai dan mengkonsumsi produk UMKM yang ada di daerah masing-masing. Kegiatan pameran UMKM ini pun selaras dengan salah satu bagian Tri Sakti Bung Karno, yakni berdikari secara ekonomi.

“Setelah pandemi membaik, relaksasi masyarakat terbuka, peluang transaksi ekonomi juga makin luar. Interaksi masyarakat yang datang sudah banyak dari luar, mobilitas makin tinggi sehingga peluang untuk menunjukkan UMKM semakin tinggi juga. Harus saling membantu dan menguatkan untuk menjadi daerah yang kuat dan stabil,” ucap Suyasa.

Untuk mencapai penguatan daerah, memerlukan kerja kolaborasi. Seperti yang dilakukan dalam peringatan hari Bung Karno. Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab Buleleng digerakkan. Masing-masing OPD mengisi tugasnya masing-masing. Ada yang bertanggung jawab menyiapkan tempat, mengisi pameran hingga menyiapkan atraksi.

Sementara itu peringatan Bulan Bung Karno di Buleleng akan ada sejumlah kegiatan yang dilakukan. Mulai dari lomba mewarnai anak TK, seminar dan diskusi kepemimpinan Bung Karno, penebaran bibit ikan, pameran UMKM serta pementasan seni yang sudah diatur lintas OPD di Buleleng. Peringatan bulan Bung Karno diharapkan dapat menjadi momentum untuk merefleksi diri melalui ajaran-ajaran luhur Presiden pertama RI. *k23

Komentar