nusabali

Pelantikan 51 Calon Perbekel Terpilih Digelar Serentak

  • www.nusabali.com-pelantikan-51-calon-perbekel-terpilih-digelar-serentak

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 51 calon perbekel terpilih hasil pilkel serentak di 51 desa di 8 kecamatan di Kabupaten Karangasem, Sabtu (21/5) lalu akan dilantik Bupati Karangasem I Gede Dana secara serentak, usai apel HUT ke-382 Kota Amlapura, di Lapangan Tanah Aron Amlapura, Jalan Ngurah Rai, Rabu (22/6) mendatang.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Karangasem I Made Sugiartha memaparkan kepastian itu, setelah menggelar rapat di ruang kerjanya, Jalan Ahmad Yani Amlapura, Jumat (3/6). Tujuan pelantikan secara serentak usai apel HUT ke 382 Kota Amlapura tersebut untuk memudahkan proses pengambilan sumpah jabatan, dan tidak menyebar undangan khusus lagi.  

Sugiartha memaparkan, mulanya ada tiga skenario pelantikan 51calon perbekel terpilih se -Karangasem. Alternatif pertama digelar usai Apel HUT Kota Amlapura dengan lokasi di Lapangan Tanah Aron. Kemudian alternatif kedua: digelar usai Apel HUT Kota Amlapura dengan tempat pelantikan di Wantilan Kantor Bupati Karangasem dan alternatif ketiga, digelar di Taman Budaya Candra Buana, Jalan Sultan Agung, dengan waktu pelantikan pada malam hari dan bersamaan dengan acara resepsi HUT Kota Amlapura.

Setelah melewati berbagai pertimbangan, akhirnya disepakati, pelantikan digelar serentak usai Apel HUT Kota Amlapura di Lapangan Tanah Aron. Pihak panitia pelantikan pun akan menyiapkan tenda khusus bagi para calon perbekel yang akan dilantik. “Nanti kami akan dirikan dua tenda, khusus untuk 51 perbekel yang akan dilantik. Sebelum dilantik perbekel menunggu di dua tenda itu,” jelas Sugiartha.

Mengenai seragam perbekel yang digunakan saat pelantikan, kata Sugiartha telah disediakan oleh masing-masing pemerintah desa, dengan anggaran APBDes 2022. Anggaran pelantikan dan pakaian dinas  ini diatur dalam Permendagri Nomor 11 tahun 2008 tentang pakaian dinas kepala daerah, wakil kepala daerah dan kepala desa. “Perbekel dilantik menggunakan PDU (pakaian dinas upacara), seragam putih-putih dan mengenakan sepatu putih,” ujar Sugiartha. *K16

Komentar