nusabali

Gubernur Koster Kembali Fasilitasi CSR 1 Unit Mobil Operasional MDA

  • www.nusabali.com-gubernur-koster-kembali-fasilitasi-csr-1-unit-mobil-operasional-mda

DENPASAR, NusaBali
Gubernur Bali, Wayan Koster kembali memfasilitasi 1 unit mobil operasional untuk Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali yang bersumber dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bank Mandiri.

Penyerahan dilakukan di sela-sela acara Peresmian Gedung Menara Mandiri Denpasar pada, Sukra Kliwon Sungsang, Jumat (3/6). Kegiatan ini juga dihadiri Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho, Kepala OJK Regional 8 Bali-Nusra Giri Tribroto, Bendesa Agung MDA Provinsi Bali Ida Panglingsir Agung Putra Sukahet, Kepala Dinas Pemajuan Masyarakat Adat I Gusti Agung Ketut Kartika Jaya Saputra, dan Direktur Utama PT Bank Mandiri Darmawan Junaidi.

Dengan bertambahnya 1 unit mobil CSR dari PT Bank Mandiri menjadikan perjuangan Gubernur Koster untuk mendukung MDA Provinsi Bali dan Kabupaten/Kota di Bali di dalam melaksanakan Perda Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali semakin cepat. Sebelumnya Ketua DPD PDIP Bali ini juga memfasilitasi MDA Kabupaten Buleleng berupa 1 unit mobil yang bersumber dari CSR Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Bali pada 23 Desember 2021, kemudian berlanjut pada 5 April 2022 BPD Bali dan PT Pegadaian menyerahkan CSR masing-masing berupa 1 unit mobil untuk operasional MDA Kabupaten Bangli dan Karangasem.

Selanjutnya pada tanggal 10 Mei 2022, Gubernur Koster memfasilitasi CSR PT Bank Central Asia Tbk Cabang Denpasar berupa 1 Unit Mobil yang diperuntukan sebagai operasional MDA Kabupaten Jembrana. Dalam sambutannya kemarin, Gubernur Koster menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT Bank Mandiri atas bantuan CSR-nya berupa 1 unit mobil operasional untuk MDA Provinsi Bali. Hal ini merupakan hasil komunikasi yang dilakukan Gubernur Koster dengan Bank BUMN, PT Pertamina, PT Pelindo hingga pihak swasta di Bali untuk mengajak semuanya berkontribusi di dalam upaya bersama menjaga alam, manusia dan kebudayaan Bali. “Hal ini sudah terwujud dengan terbangunnya Kantor MDA Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Bali. Astungkara sudah selesai semua di Bali dengan total anggaran CSR Rp 37 miliar,” kata orang nomor satu di Pemprov Bali ini.

Kemudian untuk melengkapi operasional Kantor MDA Provinsi Bali dan Kabupaten/Kota se-Bali ini, pihaknya mohon bantuan CSR dengan mobil operasional. “Ternyata Bapak (Direktur Utama PT Bank Mandiri, Darmawan Junaidi, Red) sudah meresponnya dan hari ini mobil akan diserahkan,” ujar Gubernur asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini yang disambut tepuk tangan. Gubernur Koster mengatakan mengapa perlu melibatkan pelaku usaha termasuk BUMN di Bali, karena ini merupakan bagian tanggungjawab bersama di dalam memelihara dan menjaga Bali, baik dari alam-nya, manusia-nya, dan budaya-nya. Sehingga ada lembaga yang menjadi benteng untuk mempertahankan budaya Bali, yang dinamai Desa Adat dengan memiliki jumlah 1.493 Desa Adat.

Dengan keberadaan Desa Adat, kata Koster, Bali menjadi eksis secara berkelanjutan seperti saat ini. Kalau Bali tidak bisa merawat alam-nya, manusia-nya, dan budaya-nya, maka ekonomi tidak akan bisa tumbuh dan berkembang di Bali.

Oleh karena itu, harus sama-sama merawat ini. Kalau budaya Bali bagus, maka itu akan menjadi ekosistem untuk tumbuhnya perekonomian Bali dan terutama juga pariwisatanya, karena memang orang ke Bali itu tertarik pada budaya Bali yang kaya, unik, dan unggul dengan kekuatan adat istiadat, tradisi, seni budaya, serta kearifan lokal. “Ini harus dijaga betul. Tanpa budaya, Bali ini tidak akan bisa survive, karena Bali tidak sama dengan daerah lain, tidak punya emas, tembaga, minyak, gas, tambang batubara dan tambang umum lainnya,” tegas mantan Anggota DPR RI tiga periode dari Fraksi PDIP ini.

Mengakhiri sambutannya, Gubernur Koster menyatakan CSR 1 unit mobil dari PT Bank Mandiri adalah upaya untuk melestarikan warisan leluhur Bali. Apalagi CSR yang diberikan ini dengan niat tulus, maka Bank Mandiri akan mendapatkan ekosistem yang baik untuk menjalankan bisnisnya di Provinsi Bali.

Sementara Kepala Dinas Pemajuan Masyarakat Adat, I Gusti Agung Ketut Kartika Jaya Saputra menambahkan program fasilitas CSR Gubernur Koster untuk operasional mobil MDA Kabupaten/Kota di Bali saat ini tercatat sudah ada 5 unit. “Untuk itu Kami masih menunggu arahan, siapa yang berhak terdahulu kita berikan CSR 1 unit mobil dari PT Bank Mandiri ini, karena MDA Kabupaten Buleleng, Bangli, Karangasem, dan Jembrana sebelumnya telah menerima,” tutupnya. *nat

Komentar