nusabali

Kids School Bina Karakter Anak Lewat Taekwondo

  • www.nusabali.com-kids-school-bina-karakter-anak-lewat-taekwondo

DENPASAR, NusaBali
Taekwondo menjadi salah satu seni bela diri yang cukup populer di Bali. Bukan hanya kalangan dewasa, rapi anak-anak pun mulai banyak menggemari seni bela diri asal negeri k-pop, Korea Selatan.

Taekwondo Kids School (TKS) pun hadir menampung antusiasme tersebut, sekaligus ingin mendidik mereka menjadi anak-anak yang berkarakter baik.

Usai sebuah sekolah bela diri, TKS pada 29 Maret 2019 menawarkan sesuatu berbeda dibanding sekolah taekwondo lainnya. Jika kebanyakan sekolah bela diri melakukan latihan di luar ruangan, murid TKS sebaliknya melakukan latihan di dalam ruangan (indoor). Adapun tempat latihan (dojang) TKS terletak di Jalan Gatot Subroto Timur 187X Denpasar.

"Saya ingin membangun sekolah bela diri untuk anak-anak yang nyaman, tempatnya bersih, dan layak untuk anak-anak, juga safety," ujar Kepala Sekolah TKS, Ray Monzon Antonio, 35, kepada NusaBali, Selasa (31/5).

Ray yang mantan atlet Taekwondo Bali menuturkan TKS menerima murid mulai rentang usia 3-16 tahun. Mereka bisa belajar taekwondo mulai dari dasar. Adapun jumlah siswa yang terdaftar saat ini sebanyak 120 orang, kebanyakan berusia 5-12 tahun.

Salah satu pelatih (sabeum) TKS, Vonny Yunita, 41, menyampaikan pada saat latihan murid TKS dibagidalam  kelompok usia 3-7 tahun dan 8-12 tahun. Kedua kelompok tersebut mendapatkan metode latihan yang berbeda. Latihan dilakukan 3 kali seminggu, pada Selasa, Jumat, dan Sabtu sore.

Vonny yang juga asit taekwondo nasional mengungkapkan setiap 4 bulan sekali TKS mengadakan ujian kenaikan tingkat. Sedangkan pengujinya perkembangan latihan sebagian murid juga dikirim mengikuti berbagai kejuaraan.

Selama pandemi Covid-19, kata Vonny, pihaknya sempat mengikuti 2 kejuaraan yang dilakukan secara online, yakni Indonesia Open dan Papua Open. Teranyar, TKS mengikutkan muridnya mengikuti Kejurprov Taekwondo Piala Rektor Unhi 2022 yang dilakukan secara offline pada 27-29 Mei 2022. Dalam ajang tersebut murid-murid TKS berhasil menggondol raihan yang tidak sedikit.  

Sementara itu, Meyta Riana, salah satu orangtua murid TKS menuturkan kenapa ia mendorong 3 anaknya mengikuti kelas Taekwondo di TKS. Menurutnya taekwondo dapat melatih fokus atau konsentrasi anak-anak selain juga melatih untuk bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. *cr78.

Komentar