nusabali

Usulkan Bung Karno Dikukuhkan Jadi Bapak Literasi Nasional

Wabup Suiasa Hadiri Perayaan Bulan Bung Karno

  • www.nusabali.com-usulkan-bung-karno-dikukuhkan-jadi-bapak-literasi-nasional

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri kegiatan Bulan Bung Karno yang yang dilaksanakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung di Wantilan Gedung DPRD Puspem Badung, Kamis (2/6).

Dalam kegiatan tersebut, Wabup Suiasa atas masyarakat dan pemerintah mengusulkan agar Bung Karno dikukuhkan dan ditetapkan sebagai Bapak Literasi Nasional. Acara yang mengambil tema “Go! Kartu Wali Sakti (KWS), Wujudkan Literasi Cerdas Berkarakter” turut dihadiri Ketua DPRD Badung I Putu Parwata, Anggota DPRD Ni Luh Gede Rara Hita Sukma Dewi, Ni Kadek Suastiari, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Ni Wayan Kristiani, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil AA Ngurah Arimbawa, Kepala Cabang BPD Mangupura Ayun Marhany.

Wabup Suiasa mengatakan, Pemkab Badung menyambut baik sekaligus mengapresiasi kegiatan Bulan Bung Karno yang diadakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung. Meskipun dalam situasi pandemi Covid-19, dengan segala keterbatasan, namun mampu mewujudkan sebuah gagasan untuk ikut memperingati Bulan Bung Karno. Dari tema yang diusung dapat diulas tentang bagaimana literasi yang telah ditanamkan oleh Bung Karno sebagai Bapak Bangsa, yang perlu diketahui oleh generasi bangsa.

“Bagaimana gagasan besar Bung Karno dalam mencapai Indonesia merdeka, sebagai wujud dalam membangun dan membangkitkan gerakan perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia, begitu pula bagaimana menemukan landasan dasar negara di tengah keberagaman dan kebhinekaan berbangsa yang beliau wujudkan melalui buku lahirnya pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni,” kata Wabup Suiasa.

Untuk itu, sangat patut Bung Karno pantas untuk menjadi Bapak Literasi Nasional. “Kami atas nama masyarakat dan Pemerintahan Kabupaten Badung mengusulkan agar Bung Karno dikukuhkan dan ditetapkan sebagai Bapak Literasi Nasional,” kata Wabup Suiasa.

Dikatakan, sejarah Lahirnya Bung Karno 6 Juni 1901 dan wafat pada 21 Juni 1970, dirangkaikan menjadi kegiatan Bulan Bung Karno. Oleh karenanya sangatlah tepat di Bulan Bung Karno ini diisi dengan berbagai kegiatan lomba-lomba berkaitan dengan Bung Karno. Karena Bung Karno merupakan role model literasi yang ideal bagi Bangsa Indonesia. “Untuk itu, mari kita belajar dari ajaran Bung Karno untuk masa depan bangsa yang gemilang. Saya sangat mengapresiasi kegiatan Bulan Bung Karno ini, dilaksanakan dan dilanjutkan dengan gerakan promosi pemanfaatan layanan perpustakaan,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Badung Ni Wayan Kristiani, mengatakan kegiatan dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno diisi dengan kegiatan lomba menghafal biografi Bung Karno yang diikuti oleh siswa kelas VIII tingkat SMP se-Kabupaten Badung, lomba melukis wajah Bung Karno dan lukisan Burung Garuda Pancasila yang diikuti oleh siswa SD kelas V yang pelaksanaanya diselenggarakan pada Kamis (2/6) kemarin.

“Kegiatan ini dapat terlaksana atas kerja sama kami dengan Bagian Umum Sekretariat Daerah Badung, Dinas Pendidikan dan Kepemudaan Olahraga, Ketua Fraksi PDIP Badung, UPT Dinas Pendidikan se-Badung, PT Gramedia Bali dan Bank BPD Cabang Mangupura dan banyak pihak yang terlibat,” katanya. *ind

Komentar