nusabali

Pemandu Wisata Gunung Agung Dipatuk Ular Hijau

  • www.nusabali.com-pemandu-wisata-gunung-agung-dipatuk-ular-hijau

AMLAPURA, NusaBali
Pemandu Wisata Gunung Agung, Jro Mangku Pasek, dipatuk ular hijau saat menyabit rumput di Banjar Beluncing, Desa Telaga Tawang, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Selasa (31/5) sekitar pukul 06.30 Wita.

Akibat tangan kiri dipatuk ular, Jro Mangku Pasek, mendapat perawatan di RSUD Karangasem. Racun ular menyebabkan tangan kirinya kesemutan dan terasa kaku.  Jro Mangku Pasek mengaku tak melihat secara jelas ular hijau yang menggigit tangan kirinya. Warga setempat mengenal lima jenis ular hijau yakni ular bangkai laut, ular viper timur, ular hageni, ular pucuk, dan ular bajing. Pagi itu, Mangku Pura Dadia di Banjar Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat ini mencari rumput untuk pakan ternak di tegalan. Saat menyabit rumput, tiba-tiba tangan kirinya terasa kesemutan dan kaku. Keluarga menjemput Jro Mangku Pasek ke pondoknya di Banjar Beluncing untuk diajak berobat ke RSUD Karangasem.

Terpisah, Kabid Pengembangan Sumber Daya Manusia RSUD Karangasem, Ni Putu Sutarmini mengaku telah memberikan penanganan kepada pasien tergigit ular hijau. Pasien mendapatkan obat dengan cara dimasukkan melalui cairan infus. Tujuannya agar racun yang bersarang di tubuh bisa netral. “Pasien telah mendapat penanganan dari petugas medis,” jelas Putu Sutarmini. *k16

Komentar