nusabali

Kompetisi Liga 1 Gunakan Format Tandang-Kandang

  • www.nusabali.com-kompetisi-liga-1-gunakan-format-tandang-kandang

BANDUNG, NusaBali
PSSI memastikan Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 memakai format sebelum pandemi Covid-19 atau kembali menggunakan format lama

Liga 1 bergulir dengan format kandang-tandang. Sedangkan Liga 2 format dua wilayah seperti dulu. Demikian salah satu hasil keputusan Kongres Biasa PSSI 2022 di Bandung, Senin (30/5), yang diungkapkan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam kongres itu.

Pada 2021, Liga 1 dalam format serial yang membuat semua laga dalam satu wilayah tertentu karena belum terkendalinya pandemi Covid-19 di Indonesia. Dengan alasan sama, Liga 2 dilaksanakan dengan format penyisihan grup.  Baik Liga 1 maupun Liga 2 saat itu dengan kebijakan gelembung dan tanpa penonton di stadion .

Namun mulai musim terbaru tahun 2022, semua laga liga dapat disaksikan masyarakat langsung di stadion tetapi dengan persyaratan tertentu. Menurut Iriawan, jumlah penonton di arena pertandingan disesuaikan dengan kondisi PPKM setiap daerah.

"Terkait hal itu, kami menunggu rapat koordinasi dengan Menpora Zainudin Amali,” kata Iriawan. Namun PSSI belum memutuskan kapan Liga 1 dan 2 akan bergulir. Iriawan sendiri memberikan rentang waktu kickoff Liga 1 pada 23-27 Juli.  Sedangkan Liga 2 biasanya dimulai dua pekan setelah start Liga 1.

Kongres Biasa PSSI berlangsung sekitar pukul 14.00-16.45 WIB yang dibuka Menpora Zainudin Amali dan dihadiri perwakilan KONI, KOI, FIFA, AFC dan AFF. Kongres Biasa PSSI 2022 menghasilkan beberapa keputusan termasuk soal format Liga 1 dan Liga 2 serta perubahan nama beberapa klub.

Sementara beberapa klub mengalami perubahan nama, diantaranya Rans Cilegon FC dan Borneo FC. Pergantian itu tertuang dalam surat keputusan dan sudah ada ketentuannya.

Rinciannya, empat klub Liga 1, yaitu Martapura Dewa United menjadi Dewa United FC, Borneo FC menjadi Borneo FC Samarinda, Tira Persikabo menjadi Persikabo 1973, dan Rans Cilegon FC menjadi Rans Nusantara FC.  *ant

Komentar