nusabali

Desa Dauh Puri Kangin Tambah 4 Bank Sampah

  • www.nusabali.com-desa-dauh-puri-kangin-tambah-4-bank-sampah

DENPASAR, NusaBali
Desa Dauh Puri Kangin, Denpasar Barat, menambah 4 bank sampah di 4 banjar setelah sebelumnya 1 bank sampah diluncurkan pada 14 Mei 2022 lalu.

Bank sampah tersebut di-launching pada Minggu (29/5), sebagai bentuk peningkatan dan kesadaran masyarakat terhadap pemilahan sampah dari sumber.

Empat bank sampah yang baru tersebut berada di Banjar Suci, Banjar Titih Kaler, Banjar Titih Tengah, dan Banjar Titih Kelod, Desa Dauh Puri Kangin, Denpasar Barat.

Perbekel Dauh Puri Kangin Ni Ketut Anggreni Wati, Senin (30/5), mengemukakan sebelumnya pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait pemilahan sampah dan rencana dibentuknya bank sampah.

Karena saat sosialisasi warga cukup antusias maka bank sampah langsung di-launching di 4 banjar sekaligus. Menurutnya, kini Desa Dauh Puri Kangin memiliki total sebanyak 5 bank sampah. “Semuanya kami upayakan agar maksimal untuk melakukan edukasi kepada warga dan manajemen pengolahan sampah berbasis sumber,” kata Anggreni.

Menurut dia, pendanaan pembentukan bank sampah ini diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). “Kami gunakan anggaran APBDes. Kami lakukan rapat koordinasi dan perencanaan pembentukan sehingga anggaran tepat sasaran,” ucap Anggreni.

Peluncuran 4 bank sampah baru di Desa Dauh Puri Kangin ini didukung oleh pihak terkait. Ini ditandai dengan hadirnya perwakilan pihak Bank BPD, perangkat desa, perwakilan OPD Tata Pemerintahan Kota Denpasar (Tapem) sebagai Bapak Angkat Desa Dauh Puri Kangin. Pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Denpasar dan Asosiasi Bank Sampah Indonesia (Asobsi) Bali Bersih Kota Denpasar juga turut mendampingi dalam peluncuran bank sampah tersebut. *mis

Komentar