nusabali

Duet Mulkan Kamaludin dan Ilyas Miki Balilah Pimpin IVENDO

  • www.nusabali.com-duet-mulkan-kamaludin-dan-ilyas-miki-balilah-pimpin-ivendo

JAKARTA, NusaBali.com – Industri event yang selama dua tahun mengalami hantaman berat akibat pandemi Covid-19, kini boleh tersenyum menyusul mulai maraknya berbagai event di tanah air.  Bahkan Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Dewan Industri Event Indonesia (IVENDO) yang beberapakali tertunda, akhirnya bisa diselenggarakan di Jakarta pada 25-26 Mei 2022.

Pada Munas II ini Mulkan Kamaludin kembali didaulat menjadi Ketua Umum untuk periode 2022-2025.  Pebisnis event dari INTRO Production  akan didampingi Ilyas Miki Balilah dari IZI Communication sebagai Sekretaris Jenderal IVENDO. 

“Kami ingin membangun kembali komitmen para anggota organisasi untuk terus bersatu, bersinergi dan berbagi peran dalam upaya memajukan industri event dan pariwisata di Indonesia,” kata Mulkan. 

IVENDO sendiri kini sudah hadir di 18 provinsi seluruh Indonesia.  Sebelum Munas II, sejumlah rangkaian kegiatan sudah dimulai dari awal tahun 2022 ini. Dari kegiatan bakti sosial, webinar industri event, penyelenggaraan sertifikasi MICE gratis untuk anggota.

Hingga puncaknya adalah Seminar Pariwisata dan Dialog Interaktif bertajuk ‘Event Tourism for The Future of Tourism Industry in Indonesia’pada 25 Mei 2022. 

Seminar yang digelar di HARRIS  Suites Puri Mansion Jakarta ini menampilkan keynote speaker Menparekraf RI Sandiaga Uno dan menghadirkan para narasumber yang mewakili segmen pasar event tourism yaitu festival, entertainment, sport, bisnis & event support.

“Pandemi telah memberikan pelajaran berharga bahwa kita harus meningkatkan teknologi digital, mendorong penyelenggaraan event yang ramah lingkungan, kesehatan dan CHSE,” kata Sandiaga Uno yang hadir secara live via Zoom.

Diakui bahwa segala upaya pemulihan pariwisata akan berpusat pada event. Oleh sebab itu Sandiaga sepakat semua pihak  mendorong penyelenggaraan event dari tingkat desa sampai nasional yang memberikan kontribusi positif yang hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas. “Untuk mewujudkan hal itu jangan lagi pakai EO-EO yang bukan EO Indonesia,” pesan Sandiaga.

Sementara itu Harry D Nugraha, Sekjen IVENDO periode perdana juga menambahkan, bahwa inklusivitas pariwisata itu adalah sebuah keniscayaan. “Sinergi yang berdayaubah adalah pakta integritasnya,” ujarnya. 

Komentar