nusabali

DPC Partai Hanura Denpasar Jalani Verifikasi Internal

  • www.nusabali.com-dpc-partai-hanura-denpasar-jalani-verifikasi-internal

DENPASAR, NusaBali
Tahapan Pemilu 2024 belum dimulai, tapi kesibukan dilakukan oleh DPD Partai Hanura Bali dengan mengadakan road show ke DPC-DPC kabupaten/kota se-Bali pada Mei-Juni 2022 ini.

Teranyar, road show dilakukan di DPC Hanura Denpasar pada Sabtu (28/5) siang.  Bukan sekadar kunjungan biasa, namun dilakukan verifikasi persyaratan-persyaratan sebagai peserta Pemilu 2024.  “Kami melakukan verifikasi internal ke semua DPC kabupaten/kota, agar pada saatnya dilakukan verifikasi faktual oleh penyelenggara Pemilu, sudah benar-benar siap,” jelas I Kadek Arimbawa, Ketua DPD Hanura Bali yang datang langsung ke Sekretariat DPC Hanura Denpasar.

Menyambut verifikasi internal ini, Ketua DPC Hanura Denpasar I Gede Westra (IGW) menunjukkan kesigapannya. Berbagai dokumen ditunjukkan dan dicocokkan, mulai dari dokumen kantor/sekretariat hingga kuota perempuan minimal 30 persen kepengurusan sebagaimana dipersyaratan oleh penyelenggara Pemilu. “Lengkap semua. Bahkan kuota perempuan sudah mencapai angka 40 persen,” kata I Gede Westra yang juga anggota DPRD Kota Denpasar ini.

Bahkan saking semangatnya menyambut tahapan Pemilu yang segera dimulai, terlihat sekitar 100an kader Hanura dan massa yang menamakan diri sebagai ‘Sahabat IGW’ ikut mendampingi acara yang dilangsungkan  di Jalan Pulau Buru III nomor 5, Banjar Pekambingan, Dauh Puri, Denpasar Barat tersebut.

Pada kegiatan verifikasi internal ini,  IGW ini juga menerima SK kepengurusan DPC Hanura Denpasar yang diserahkan oleh Ketua DPD Hanura Bali I Kadek Arimbawa. Setelah itu gantian IGW yang menyerahkan SK kepengurusan bagi empat PAC (Pengurus Anak Cabang). “PAC di empat kecamatan sebenarnya sudah terbentuk pada bulan Desember lalu, hanya saja sekarang SK dikeluarkan oleh kepengurusan satu tingkat di atasnya,” terang IGW yang juga menyerahkan plang papan nama empat Sekretariat PAC se-Denpasar.

Dalam rangkaian verifikasi internal ini turut dihadirkan Ketua KPU Denpasar I Wayan Arsa Jaya dan Ketua Bawaslu Denpasar Putu Arnata. Dua tokoh penting terkait Pemilu 2024 mendatang ini menyampaikan materi pendidikan politik bagi kader Hanura, khususnya kepengurusan DPC dan PAC se-Denpasar.

Sementara itu Sekretaris DPD Hanura Bali Gede Wirajaya Wisna mengatakan bahwa verifikasi faktual di Denpasar adalah yang ketiga setelah Tabanan dan Jembrana pada Kamis (26/5) lalu. Selanjutnya pada Minggu (29/5) ini, verifikasi faktual dilangsungkan di Buleleng dan Bangli.

Verifikasi internal ini akan dituntaskan ke sembilan kabupaten/kota se-Bali sebelum pertengahan Juni, saat di mana tahapan Pemilu sudah dimulai. “Kalau ditarik dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu itu 'kan tahapan Pemilu dimulai 20 bulan sebelum hari pemungutan suara. Kalau hari pemungutan itu pada tanggal 14 Februari 2024, berarti tahapan Pemilu dimulai 14 Juni 2022," tuntas Gede Wirajaya. *mao

Komentar