nusabali

Bupati Suwirta Ingatkan Perokok Buang Puntung Pada Tempatnya

Peringati Hari Tanpa Tembakau Sedunia

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-ingatkan-perokok-buang-puntung-pada-tempatnya

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung bersama warga menggelar peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) melalui kegiatan bersih-bersih sepanjang Pelabuhan Tradisional, Pantai/Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Jumat (27/5).

Selain memungut sampah plastik, dalam aksi yang dipimpin Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, juga memungut banyak putung rokok yang dibuang sembarangan oleh para perokok.  "Tanpa disadari sampah puntung rokok dapat mencemari lingkungan," ujar Bupati Suwirta. Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini mengimbau masyarakat agar tidak membuang sembarangan puntung rokok, namun buang di tempat sampah. Para pengelola pelabuhan juga dingatkan agar menyediakan tempat untuk pembuangan puntung rokok. Dengan itu, sampah puntung rokok tidak berserakan, bahkan sampai terbawa arus ke laut hingga merusak biota laut.

“Sekali lagi saya katakan, hari ini kita tidak hanya sekadar memungut puntung rokok. Kita juga sadarkan semua perokok agar langsung membuang puntung rokok di tempatnya," tegas Bupati Suwirta.

Bupati mengajak seluruh peserta untuk mulai memungut puntung rokok dan sampah plastik. Seluruh peserta dibagi menjadi tiga kelompok untuk membersihkan di masing-masing tempat, ternyata masih banyak ditemukan sampah putung rokok. Oleh karena itu bupati mengajak mari biasakan diri buang puntung rokok pada tempatnya. "Matikan rokok sebelum masuk ke ruang tunggu agar teman-teman kita juga tidak menjadi perokok pasif,” ujar Bupati Suwirta.

Aksi bersih - bersih pantai ini ditutup dengan penandatanganan komitmen peningkatan kawasan tanpa rokok yang ditandatangani oleh Bupati Suwirta, dan Ketua Udayana Central (Center for NCD’s Tabacooo Control and Lung Health) Made Kerta Duana. “Langkah ini merupakan bagian dari komitemen kami dan untuk mempertegas itu kami menandatangani komitmen berkelanjutan untuk bertanggungjawab penuh agar lingkungan kami terbebas dari bahaya rokok,” ucap Bupati Suwirta.

Sebelumnya, Pemkab Klungkung aktif mengimplementasikan kawasan tanpa rokok (KTR) serta mengeleminasi dan pelarangan iklan rokok. Hadir dalam acara itu, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, staf operasional OPD Kabupaten Klungkung, siswa SD kelas 6 SD di Desa Kusamba dan undangan terkait. *wan

Komentar