nusabali

Korsleting Listrik Bakar Rumah Warga

  • www.nusabali.com-korsleting-listrik-bakar-rumah-warga

SEMARAPURA, NusaBali
Sebuah rumah Bale Daja milik Gede Susana,50, di Banjar Takedan, Desa Selat, Kecamatan Klungkung, ludes terbakar, Jumat (27/5) dini hari.

Kebakaran dipicu percikan api karena korsleting listrik di bangunan itu.  Tidak ada korban jiwa. Karena bangunan Bale Daja ukuran 5 m x 6 m itu hanya digunakan untuk menyimpan barang. Informasi di lapangan, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 01.00 Wita. Ketika itu, pemilik rumah sudah tidur lelap. Namun kemudian warga sekitar melihat kepulan asap dari rumah korban sehingga langsung mengecek ke lokasi TKP.

Ternyata Bale Daja tersebut sudah terbakar. Selanjutnya warga bersama pemilik rumah berusaha memadamkan api dengan cara manual dengan menyiramkan air menggunakan alat seadanya dan kain basah. Warga juga menghubungi petugas pemadam kebakaran Pemkab Klungkung. Tak berselang lama, tiga unit armada pemadam kebakaran (Damkar) meluncur ke TKP. Namun, petugas cukup kesulitan menjangkau rumah korban karena medan sempit. "Kendala kami medan yang cukup berat yakni jalan sempit dan tanjakan yg cukup tajam, maka kami harus ektra hati - hati untuk sampai di lokasi kejadian," kata Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung, I Putu Suarta.

Berselang 15 menit penanganan akhirnya kobaran api dapat dipadamkan, dan dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. "Bangunan yang terbakar itu hanya digunakan untuk menyimpan barang-barang, untuk total kerugian masih dihitung," kata Suarta.

Jelas dia, penyebab kebakaran ini diduga akibat korsleting listrik. Di satu sisi, kesulitan armada Damkar untuk menjangkau lokasi kejadian karena ukuran armada cukup besar. Armada berukuran kecil sudah dikirim ke Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. "Saat ke lokasi, melewati tanjakan. Kami hanya bisa berdoa agar selamat, dan bantuan pun bisa diberikan kepada korban," kata Suarta. *wan

Komentar