nusabali

Mayor of Bukavu Kunjungi Denpasar Bahas soal Penanganan Sampah

  • www.nusabali.com-mayor-of-bukavu-kunjungi-denpasar-bahas-soal-penanganan-sampah

DENPASAR, NusaBali
Mayor of Bukavu Republik Demokrasi Kongo Bilubi Ulengabo Meschac mengunjungi Pemkot Denpasar untuk mengetahui dan belajar mengatasi permasalahan sampah di Denpasar.

Sebab negaranya dan Kota Denpasar ada kemiripan pada keindahan alamnya.  Kunjungan Bilubi Ulengabo Meschac diterima Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Kadis Sosial Denpasar I Gusti Ayu Laksmi Saraswati, Kadis Pariwisata Denpasar MA Dezire Mulyani, dan Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar Putu Riyastiti, di Kantor Walikota, Jumat (27/5).

Meschac mengatakan Kota Denpasar dan Kota Bukavu keindahan alamnya memiliki kemiripan. Selain itu masyarakat yang ramah dan Kota Denpasar yang bersih dan nyaman menjadi tujuan utamanya untuk mengadopsi cara menata kota. “Kami ingin sharing terkait manajemen mengatasi masalah persampahan di Kota Denpasar,” ungkap Meschac.

Dia mengaku di Kota Bukavu masalah sampah menjadi yang utama harus diatasi karena masyarakat di sana masih membuang sampah sembarangan. Akibatnya pemukiman kumuh dan banjir sering terjadi ketika hujan. “Dengan kunjungan ini kami ingin mengetahui manajemen terkait masalah kebersihan, sehingga ke depan diharapkan bisa menjalin kerjasama antara Kota Denpasar dengan Kota Bukavu,” kata Meschac.

Wawali Arya Wibawa menyambut baik kunjungan Mayor of Bukavu Bilubi  Ulengabo Meschac. Menurutnya permasalahan Kota Denpasar hampir sama dengan kota besar lainnya di dunia.

Wawali Arya Wibawa mengatakan, ada tiga permasalahan besar yang dihadapi di Kota Denpasar yakni, permasalahan sampah, banjir, dan tata kota. Untuk mengatasi masalah sampah, Pemerintah Kota Denpasar akan membangun tiga TPST yang berlokasi di Desa Kesiman Kertalangu, Desa Padangsambian Kaja, dan Tahura Suwung.

Selain itu setiap desa/kelurahan juga ada TPS3R untuk mengelola sampah di wilayahnya masing-masing. “Yang terpenting kami juga memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk mengubah karakter terkait pengelolaan bank sampah sehingga memiliki nilai jual,” kata Wawali Arya Wibawa.

Wawali Arya Wibawa menambahkan, untuk mengatasi banjir Pemerintah Kota Denpasar membentuk Tim Pasukan Biru di setiap kecamatan yang bertugas untuk membersihkan saluran sungai. Mereka juga bertugas mempercantik sempadan sungai sehingga menarik wisatawan untuk berkunjung.

Dengan silaturahmi ini Wawali Arya Wibawa mengatakan Kota Denpasar dengan Kota Bukavu bisa menjalin kerjasama, sehingga bisa mengatasi berbagai permasalahan khususnya persampahan. *mis

Komentar