nusabali

Antisipasi Hepatitis Akut, Buleleng Siapkan Faskes

  • www.nusabali.com-antisipasi-hepatitis-akut-buleleng-siapkan-faskes

Dinas Kesehatan  hingga Puskesmas terus diberi penekanan untuk mengantisipasi adanya kasus hepatitis akut  di Buleleng.

SINGARAJA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Buleleng menyiapkan fasilitas kesehatan di seluruh tingkatan untuk mengantisipasi adanya kasus hepatitis akut.  Wakil Bupati (Wabup) Buleleng, I Nyoman Sutjidra mengatakan, upaya-upaya preventif antisipasi hepatitis akut terus dilakukan. Puskesmas diminta untuk terus melakukan promosi kesehatan (promkes) dan sosialisasi untuk hidup bersih dan sehat. "Jika ada gejala yang mirip dengan gejala hepatitis akut ini bisa langsung dilaporkan ke puskesmas," jelas Sutjidra usai rapat di Gedung DPRD Buleleng, Jumat (27/5).

Sutjidra mengklaim, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buleleng telah siap jika seandainya ditemukan kasus hepatitis akut di Buleleng. Khususnya penyediaan kamar isolasi dan terapi terhadap pasien. Ini diperlukan mengingat hepatitis akut ini gejalanya hampir sama dengan hepatitis lainnya. Selain itu, penyebabnya juga belum diketahui.

"Kita harus menyiapkan semuanya karena penyebab dari hepatitis akut ini belum diketahui dan sedang dicari," kata Sutjidra.

Menurut Sutjidra, hingga saat ini belum ditemukan kasus ataupun suspek dari hepatitis akut di Buleleng. Walaupun demikian, pihaknya menekankan tindakan pencegahan menjadi hal yang paling utama. Imbauan untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga terus digalakkan kepada masyarakat.

"Karena ini belum diketahui penyebabnya apa dan darimana. Tapi dengan melakukan PHBS, bisa mencegah dan terhindar dari penyakit hepatitis akut yang masih misterius penyebabnya ini," imbuh dia.

Sutjidra menjelaskan, hepatitis akut tidak ada hubungannya dengan vaksin Covid-19 yang diberikan. Masing-masing penyakit memiliki vaksinnya sendiri. Termasuk Hepatitis C juga ada vaksinnya yaitu hevavax. "Jadi masing-masing vaksin memang dibuat berdasarkan spesifikasi virus tertentu karena dibuat berdasarkan virus yang dilemahkan," tutupnya. *mz

Komentar