nusabali

Puncak HUT Kodam Udayana Dirayakan di Pura Mengening Tampaksiring

  • www.nusabali.com-puncak-hut-kodam-udayana-dirayakan-di-pura-mengening-tampaksiring

GIANYAR, NusaBali
Kodam IX/Udayana merayakan puncak hari ulang tahun yang ke-65 di Pura Mengening, Desa Saraseda, Kecamatan Tampaksiring, Jumat (27/5).

Perayaan ini untuk mengenang kemasyhuran Raja Udayana. Hal itu diungkapkan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto dalam sambutannya dihadapan seluruh prajurit, PNS dan keluarga besar Kodam IX/Udayana.

Bahwa dipilihnya Pura Mangening sebagai tempat syukuran HUT Kodam IX/Udayana kali ini, menurut Pangdam mempunyai alasan bahwa Pura Mangening adalah tempat bersejarah yang digunakan Raja Udayana untuk melakukan Moksa atau lepas dari keterikatan dan terbebas dari kehidupan duniawi menuju kehidupan selanjutnya.

Kemashyuran Raja Udayana dalam pengembangan kebudayaan Bali dari aspek filsafat, agama, sosial budaya, hukum, gender, dan politik pemerintahannya yang sangat baik tersebut, juga tersiar pengaruhnya hingga ke wilayah Nusa Tenggara, sehingga dipilihlah nama Raja Udayana sebagai ikon Komando Daerah Militer di Bali dan Nusa Tenggara, yang kini bernama Kodam IX/Udayana.

Sehingga nama Kodam IX/Udayana yang berkaitan erat dengan jejak sejarah kepemimpinan Raja Udayana dijadikan sebagai tauladan para Prajurit Kodam IX/Udayana dalam melaksanakan tugas pengabdiannya di wilayah Bali Nusra. "Termasuk salah satu tempat bersejarah yang diwariskan oleh Raja Udayana yang pada hari ini digunakan sebagai tempat digelarnya acara syukuran HUT Kodam," jelas Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto.

Acara syukuran dilakukan secara sederhana dan dirangkai dengan Wisuda Purnawira Prajurit Kodam IX/Udayana Tahun 2022. Diawali pembacaan sejarah Kodam IX/Udayana serta pemutaran video terkait kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam rangkaian pelaksanaan HUT ke 65 Kodam IX/Udayana.

Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto berharap peringatan HUT kali ini, dapat dijadikan sebagai sarana untuk semakin menumbuhkan jiwa korsa serta rasa cinta dan rasa memiliki terhadap satuan tempat mengabdi. "Jadikan momentum HUT ke 65 Kodam IX/Udayana untuk melakukan introspeksi diri terhadap pelaksanaan tugas, sekaligus sebagai wahana untuk meningkatkan soliditas dan semangat pengabdian," ujar Pangdam.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut diantaranya Irdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Para Dansat/Kabalakdam IX/Udayana, Ketua PEPABRI dan LVRI Prov. Bali, Muspika Tampaksiring, Staf Desa Tampaksiring, Tokoh Adat Saraseda, serta undangan lainnya. *nvi, pol

Komentar