nusabali

Serahkan Bansos hingga Bagi-bagi Baju Kaos

Jokowi Blusukan di Pasar Kreneng

  • www.nusabali.com-serahkan-bansos-hingga-bagi-bagi-baju-kaos

DENPASAR, NusaBali
Di sela kunjungan kerjanya di Bali membuka kegiatan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR), Presiden Joko Widodo menyempatkan mengunjungi Pasar Kreneng, Jalan Kamboja Nomor 24, Desa Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Rabu (25/5) pagi.

Blusukan Presiden Jokowi di Pasar Kreneng selain untuk mengecek harga minyak goreng juga sekaligus memberi bantuan sosial kepada ratusan pedagang pasar, pedagang kaki lima (PKL), masyarakat penerima Program Keluarga Harapan (PKH), hingga penyandang disabilitas.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo turut mendampingi Jokowi, bersama Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Gubernur Bali Wayan Koster bersama Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Koster juga tampak bersama Jokowi. Rombongan pun disambut Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jayanegara bersama jajarannya.

Begitu masuk area pasar dari gapura yang berada di sisi timur pasar sekitar pukul 09.30 Wita, Jokowi langsung menyapa dan menyalami ibu-ibu penerima PKH dan penyandang disabilitas yang sudah menunggu sedari pagi. Presiden pun berpesan agar bantuan yang diberikan digunakan untuk tujuan yang produktif.

Adapun bantuan yang diberikan terdiri dari uang tunai sebesar Rp 1,2 juta ditambah subsidi minyak goreng sebesar Rp 300 ribu. Selain itu bantuan yang diberikan juga berupa bantuan sembako seperti beras, minyak goreng, dan gula. Khusus para penyandang disabilitas juga diberikan bantuan berupa kursi roda.

Selanjutnya Presiden Jokowi masuk ke tengah pasar. Menanyakan harga kebutuhan pokok terutama minyak goreng kepada beberapa pedagang. Tidak lupa Jokowi memberikan bantuan langsung tunai kepada mereka.

Keluar dari dalam pasar, giliran para pedagang kaki lima (PKL) yang berdiri di sisi selatan areal pasar yang dihampiri presiden. Histeria para pedagang PKL tidak terbendung ketika bertemu orang nomor satu di tanah air. Mereka berterima kasih atas bantuan yang diberikan, bahkan ada yang menawarkan barang dagangannya berupa jamu kepada presiden.

Dalam kunjungan selama sekitar 40 menit tersebut, Jokowi tidak memberikan pernyataan di depan awak media. Namun, ketika hendak meninggalkan pasar, tampak para pasukan pengawal presiden satu per satu melemparkan suvenir berupa baju kaos hitam bertuliskan Jokowi yang diambil dari dalam mobil kepresidenan. Masyarakat pun tidak bisa dihalangi merangsek mobil kepresidenan sambil berebut suvenir presiden.

Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara seusai mengantarkan Presiden Jokowi menyatakan, sangat berterima kasih karena salah satu pasar di Kota Denpasar mendapat kunjungan dari Presiden Jokowi.

"Yang ingin dicek oleh beliau tentang harga minyak goreng, astungkara harga minyak goreng di kita sangat stabil," ungkap Walikota Jaya Negara.

Walikota menyampaikan selain kepada 100 orang masyarakat penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Denpasar dan 100 orang pedagang pasar, juga ada 73

penyandang disabilitas yang diberikan bantuan diwakili 2 orang yang hadir secara simbolis. "Disamping diberikan bantuan kursi roda, juga diberikan modal kerja, sehingga bisa menjalani kehidupan dengan normal. Harapan presiden bisa mensupport mereka untuk bisa bangkit kembali dari pandemi Covid-19," tambah Walikota Denpasar. Sementara itu, 100 orang PKL yang mendapat bantuan berada di bawah koordinasi Kodim 1611/Badung. *cr78

Komentar