nusabali

Totalitas Hadapi Tahapan Pemilu, Hanura Bali Gelar Verifikasi Internal

  • www.nusabali.com-totalitas-hadapi-tahapan-pemilu-hanura-bali-gelar-verifikasi-internal

TABANAN, NusaBali.com – Tak mau main-main dengan tahapan Pemilu 2024, khususnya verifikasi faktual partai politik, DPD Partai Hanura Provinsi Bali melakukan verifikasi internal terlebih dahulu terhadap kesiapan DPC di seluruh kabupaten/kota se-Bali.

Road show verifikasi faktual ini dimulai pada Kamis (26/5/2022). Dan yang mendapat ‘kehormatan’ terlebih dahulu adalah DPC Partai Hanura Kabupaten Tabanan, sebelum di hari yang sama melakuikan verifikasi internal di Kabupaten Jembrana. 

“Pada Pemilu 2019 Hanura memang tidak mendapatkan kursi dewan. Kini kami optimis dengan kepengurusan baru di bawah kepemimpinan Bapak Anak Agung Ngurah Gede Puja Utama, bisa mengembalikan kursi yang pada pemilu-pemilu sebelumnya kami raih,” kata Ketua DPD Partai Hanura Bali, I Kadek Arimbawa.

Kadek Arimbawa menyebut verifikasi faktual secara internal sangat penting sebelum verifikasi faktual dilakukan oleh penyelenggara Pemilu. “Jadi tidak berdasar laporan sudah siap saja. Kami harus mengecek langsung, termasuk bertemu dengan kader-kader di daerah,” kata anggota DPD RI Dapil Bali periode 2009-2014 dan 2014-2019 ini.

Keseriusan DPD Partai Hanura Bali juga ditunjukkan dengan kekuatan full team saat mendatangi kantor DPC Hanura Tabanan berlokasi di Jalan Tendean, Kelurahan/Desa Banjaranyar, Kecamatan Kediri. Ketua DPD Hanura Bali I Kadek Arimbawa didampingi Sekretaris DPD Hanura Bali Gde Wirajaya Wisna dan Bendahara Noven Sigit Ari Susanto serta sejumlah pengurus teras lainnya.

Menanggapi persiapan menghadapi tahapan Pemilu, Ketua DPC Hanura Tabanan AA Ngurah Puji Utama atau akran disapa Turah De menyatakan sudah menyiapkan segala persyaratan. Bahkan kuota perempuan yang mempersyaratkan jumlah 30 persen pada kepengurusan, berhasil dilampaui.

Bahkan dalam verifikasi faktual ini juga hadir Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) dari 10 kecamatan di Tabanan. Tiga dari Ketua PAC adalah kaum perempuan. 

“Kami benar-benar mengakomodir kaum perempuan. Hal ini juga membuktikan keseriusan kami memberi peran bagi kaum perempuan berbuat lebih banyak melalui partai politik,” kata Turah De yang didampingi Sekretaris I Dewa Made Wirayana.

Pada hari yang sama dengan verifikasi faktual ini juga dilangsungkan agenda ‘Pendidikan Politik’ yang menampilkan pembicara Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa. Sementara pembicara dari Bawaslu Tabanan menghadirkan I Gede Putu Suarnata selaku Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Tabanan.

Komentar