nusabali

Polresta Denpasar Gelar Apel Aksara

  • www.nusabali.com-polresta-denpasar-gelar-apel-aksara

DENPASAR, NusaBali.com - Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas membuat terobosan baru untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat lewat program Apel Aksara (Apel Konsolidasi Bersama). 

Apel yang digelar tiap hari Rabu tersebut merupakan kegiatan apel konsolidasi bersama antara anggota Polresta Denpasar dengan Sipandu Beradat (Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat). 

Melalui program ini, Kapolresta meningkatkan peran dari Bhabinkamtibmas dan Binmas dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Apel Aksara ini melibatkan pecalang, Linmas, tokoh masyarakat, tokoh adat dan kepala lingkungan. 

Melalui Apel Konsolidasi bersama Sipandu Beradat ini menyamakan persepsi dalam pelaksanaan tugas di lapangan serta menyampaikan beberapa arahan terkait situasi kamtibmas yang berkembang di masyarakat. Harapannya, fungsi kepolisian terbatas yang dimiliki pecalang yang tergabung dalam Sipandu Beradat dapat dimaksimalkan. 

Untuk kegiatan Rabu (25/4/2022), Polsek Denpasar Barat menggelar Aksara di Posko Induk Pecalang Wirapraja Desa Adat Denpasar, Jalan Gunung Batukaru, Denpasar Barat. Apel tersebut dipimpin Kanit Binmas Polsek Denpasar Barat Iptu I Wayan Budiartana. 

“Pecalang adalah pranata sosial yang dimiliki oleh desa adat yang ada di Bali serta mempunyai peran yang sangat penting dalam menjaga kamtibmas bersama-sama Polri dalam forum Sipandu Beradat," ungkap Iptu Wayan Budiartana. 

Foto : Kegiatan Aksara oleh Polsek Denpasar Selatan, Rabu (25/5). -IST

Sementara di Polsek Denpasar Selatan digelar di Wantilan Desa Adat Intaran, Kelurahan Sanur. Panit Binmas Polsek Denpasar Selatan Aiptu Bambang Priadi menyampaikan agar dalam menyambut event KTT G-20 yang akan diadakan di Bali,  situasi Kamtibmas khususnya Desa Adat Intaran dapat terjaga aman kondusif. 

Sementara Kapolsek Denpasar Selatan Kompol Made Teja Dwi Permana mengatakan, bahwa kegiatan Aksara sebagai program unggulan dari Kapolresta Denpasar akan dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai bentuk sinergitas dalam melaksanakan pengamanan lingkungan terpadu berbasis desa adat. Dengan pendekatan kearifan lokal Bali ini diharapkan dapat menjaga keamanan dan ketertiban wilayah masing-masing. *pol

Komentar