nusabali

Pangdam Udayana Ziarah ke Taman Pujaan Bangsa Margarana

  • www.nusabali.com-pangdam-udayana-ziarah-ke-taman-pujaan-bangsa-margarana

DENPASAR, NusaBali
Setelah sehari sebelumnya gelar upacara Pitra Puja I Gusti Ngurah Rai di Puri Carang Sari, Kecamatan Petang, Badung, Kodam IX/Udayana dipimpin Pangdam Mayjen TNI Sonny Aprianto ziarah ke Taman Pujaan Bangsa Margarana, Kecamatan Marga, Tabanan, Selasa (24/5).

Ziarah ini masih berkaitan dengan rangkaian HUT Kodam IX/Udayana ke-65 pada 27 Mei 2022.  Dipilihnya Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana sebagai tempat ziarah adalah upaya untuk mengenang sejarah Puputan Margarana di bawah pimpinan pahlawan nasional dari Bali, I Gusti Ngurah Rai pada tanggal 20 November 1946 yang juga tidak terlepas dari cikal bakal berdirinya Kodam IX/Udayana. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Pangdam itu melaksanakan penghormatan kepada arwah, mengheningkan cipta, peletakan karangan dan tabur bunga.

Selain itu, Pangdam bersama rombongan juga meninjau Gedung Sejarah Perjuangan Taman Pujaan Bangsa Margarana yang berisikan bukti-bukti sejarah perjuangan pasukan Ciung Wanara pimpinan I Gusti Ngurah Rai yang dikenal dengan Puputan Margarana.

“Hormat dan bakti serta mengenang jasa-jasa para pahlawan kusuma bangsa menjadi suatu hal yang patut kita ingat selalu sebagai salah satu sarana untuk terus mengobarkan jiwa nasionalisme dan patriotisme demi tetap tegaknya NKRI,” jelas Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Antonius Totok YP dalam keterangan persnya kemarin siang.

Kapendam menjelaskan ziarah ini digelar untuk memberikan contoh dan pengetahuan kepada generasi muda penerus bangsa. Tujuannya agar bersama-sama melanjutkan cita-cita mulia perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan keutuhan dan kedaulatan negara Indonesia.

“Kita jangan sekali-kali melupakan sejarah. Untuk itu, momen ziarah ke Taman Makam Pahlawan khususnya kepada para generasi muda sebagai penerus tongkat estafet perjuangan bangsa, ini dapat dijadikan inspirasi semangat juang, semangat kebangsaan para pahlawan dalam memajukan dan tertanamnya jiwa militansi sebagai bagian dari bangsa Indonesia,” harap Kapendam. *pol

Komentar