nusabali

Kodam Udayana Gelar Pitra Puja I Gusti Ngurah Rai

HUT Ke-65 Kodam IX/Udayana

  • www.nusabali.com-kodam-udayana-gelar-pitra-puja-i-gusti-ngurah-rai

DENPASAR, NusaBali
Kodam IX/Udayana dipimpin langsung oleh Pangdam Mayjen TNI Sonny Aprianto menggelar Pitra Puja kepada pahlawan nasional dari Bali Brigjen TNI (Anumerta) I Gusti Ngurah Rai di Puri Carangsari, Kecamatan Petang, Badung, Senin (23/5).

Kegiatan Pitra Puja yang merupakan upacara keagamaan dalam Agama Hindu yang dipercaya untuk melakukan penghormatan kepada para leluhur yang telah mendahului itu digelar dalam rangka HUT Kodam IX/Udayana ke-65 yang jatuh setiap tanggal 25 Mei.

Upacara yang digelar di Merajan (tempat suci pemujaan) Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai itu diawali dengan sungkem memohon restu kepada I Gusti Ngurah Rai dan mengirimkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar I Gusti Ngurah Rai diberikan tempat yang layak disisi-Nya.

Dalam sambutannya, Pangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud penghormatan kepada pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai dan memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar semua diberikan keselamatan, kekuatan dan pemikiran yang jernih serta suci sehingga mampu mengemban tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

"Kita ketahui bersama, bahwa I Gusti Ngurah Rai merupakan salah satu sosok Pahlawan Nasional kebanggaan masyarakat Bali. Diusianya yang relatif masih sangat muda, beliau telah berjuang tanpa pamrih. Sejarah telah membuktikan bahwa perjuangan beliau dalam memimpin pasukan Ciung Wanara, bertempur dengan sangat heroik melawan pasukan penjajah di Margarana," ujar Pangdam.

Pangdam menceritakan bahwa sosok I Gusti Ngurah Rai bersama pasukannya telah menggelorakan dan membuktikan semangat Puputan, yakni semangat bertempur sampai titik darah penghabisan untuk mempertahankan kemerdekaan NKRI. "Nilai-nilai luhur yang tak akan pernah luntur oleh zaman inilah sebagai pedoman dalam upaya mengabdikan diri kepada bangsa dan negara sesuai profesi masing-masing dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," tandas pangdam.

Pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai merupakan salah satu Pahlawan Nasional dari Bali yang telah berperang bersama pasukannya yang dikenal dengan nama Ciung Wanara secara habis-habisan (Puputan) melawan penjajah untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Saat itu, I Gusti Ngurah Rai mengadakan rapat bersama pimpinan Badan-Badan perjuangan dan Staf Resimen TRI Sunda Kecil. Dari rapat tersebut terbentuklah Markas Besar Oemoem Dewan Perjuangan Rakyat Indonesia Sunda Kecil (MBO DPRI SK) yang merupakan Pusat Pertahanan Kemerdekaan Indonesia di Provinsi Sunda Kecil (Bali Nusra sekarang, red). Inilah yang selanjutnya menjadi cikal bakal berdirinya Kodam IX/Udayana yang sekarang berkedudukan di Kota Denpasar. *pol

Komentar