nusabali

Bawaslu Gianyar Minta Kantor Permanen

Curhat Saat Kunjungan Komisi I DPRD Gianyar

  • www.nusabali.com-bawaslu-gianyar-minta-kantor-permanen

GIANYAR, NusaBali
Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Gianyar berharap Komisi I DPRD Gianyar memfasilitasi Bawaslu Gianyar kantor yang repesentatif dan berstatus permanen ke pemerintah.

Hal itu disampaikan langsung Ketua Bawaslu Gianyar I Wayan Hartawan saat monitoring dan evaluasi (Monev) Komisi I DPRD Gianyar ke Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gianyar, Senin (23/5).

Monev Komisi I DPRD Gianyar kemarin untuk mengetahui persiapan Bawaslu menyongsong Pemilu dan Pemilihan serentak Tahun 2024.

Hadir anggota Komisi I DPRD Kabupaten Gianyar, I Nyoman Kandel, Desak Putu Tirta, tim ahli dan juga Kasubag Hukum DPRD Kabupaten Gianyar. Kedatangan mereka diterima langsung oleh Ketua Bawaslu Gianyar Hartawan didampingi dua anggota Bawaslu Gianyar, Ni Made Suaniari Siartikawati dan I Wayan Gede Sutirta di ruang Rapat Bawaslu Gianyar.

Hartawan awalnya menyampaikan proses yang telah dilakukan Bawaslu Kabupaten Gianyar dalam rangka penguatan kelembagaan untuk menghadapi tahapan Pemilu dan Pemilihan tahun 2024. “Dalam proses penguatan kelembagaan untuk menyongsong tahapan Pemilu dan Pemilihan, Bawaslu Kabupaten Gianyar telah melakukan bimbingan teknis berkaitan dengan tugas dan fungsi kelembagaan, serta membangun kerjasama dengan stakeholder di Kabupaten Gianyar,” ujar Hartawan.

Selanjutnya, Ketua Komisi I Nyoman Kandel menyampaikan kedatangannya untuk menyerap aspirasi sejak dini, sehingga tidak terjadi kendala didalam menjalankan tugas kelembagaan nantinya.

“Tujuan dari kedatangan kami (Komisi I DPRD Kabupaten Gianyar ) adalah menyerap aspirasi dari Bawaslu Kabupaten Gianyar dan untuk dapat melakukan pemetaan potensi permasalahan di Kabupaten Gianyar, serta kami meminta masukan terkait hal yang sekiranya dapat difasilitasi dari pemerintah Kabupaten Gianyar. Dalam otoritas sebagai anggota DPRD kami akan membantu agar tidak terjadi kendala dalam menjalankan tupoksi nantinya,” jelas Kandel.

Hartawan pun menyampaikan kendala yang dihadapi Bawaslu Kabupaten Gianyar, salah satunya status Kantor Bawaslu Kabupaten Gianyar yang belum bersifat permanen. “Berkaitan dengan kendala yang dihadapi saat ini adalah terkait kantor kesekretariatan Bawaslu Kabupaten Gianyar yang belum permanen. Kami telah bersurat kepada pemerintah daerah, diharapkan dengan pertemuan ini persoalaan tersebut dapat difasilitasi,” ungkap pria asal Desa Guwang, Kecamatan Sukawati tersebut.

Sementara Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Gianyar, Suniari Siartikawati menyampaikan harapan terkait keterlibatan pemerintah daerah dalam pengawasan partisipatif “Kami berharap pemerintah daerah melalui Kesbangpol dapat mengikutsertakan Bawaslu Kabupaten Gianyar dalam kegiatannya, untuk menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan sosialisasi pengawasan partisipatif,” imbuh Suniari.

Atas aspirasi tersebut, Kandel berjanji akan memperjuangkan dari Bawaslu Kabupaten Gianyar untuk persiapan menghadapi Pemilu dan Pemilihan 2024 Mendatang “Kami akan memperjuangkan dan menyampaikan aspirasi dari Bawaslu Kabupaten Gianyar untuk persiapan menyongsong Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024. Dari sisi pengawasan kami akan turut mendorong semua pihak untuk turut serta berperan aktif untuk ikut mengawasi,” ujar pria asal Kecamatan Payangan tersebut. *nvi

Komentar