nusabali

Srikandi Akan Pimpin Desa Padangbai

Tumbangkan Incumbent Berkat Aktif Masekaa Gong

  • www.nusabali.com-srikandi-akan-pimpin-desa-padangbai

AMLAPURA, NusaBali
Pemilihan perbekel (pilkel)  se-Kabupaten Karangasem, Sabtu (21/5) lalu melahirkan salah satu kandidat perempuan Ni Wayan Suparwati Surya Dewi,51 sebagai pemenang.

Srikandi yang new comer ini sukses naik ke kursi perbekel Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, berkat aktif bermasyarakat, salah satunya dengan masekaa gong (sebagai anggota sekaa gong).

Suparwati yang juga Wakil Ketua II Pakis (Paiketan Krama Istri) Desa Padangbai, membukukan kemenangan tipis dengan menumbangkan incumbent Perbekel Padangbai I Wayan Sudiarta. Suparwati meraih  852 suara, sementara Sudiarta mengantongi 846 suara. Kemenangan Ni Wayan Suparwati Surya dewi hanya unggul 6 suara dari sang incumbent. Satu pesaingnya lagi, I Wayan Suardika hanya meraih 465 suara.

Terus apa strategi Suparwati memenangkan Pilkel Padangbai? Dihubungi NusaBali di Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Minggu (22/5) Suparwati mengaku hanya bermodal rajin turun bermasyarakat. Mulai masekaa gong, aktif membantu anak-anak remaja dalam kegiatan sepakbola. Suparwati dikenal rajin sebagai donatur kalau ada pertandingan sepakbola di desanya. Sementara di Sekaa Gong Gita Nareswari, ibu tiga anak ini juga aktif berkesenian alias ikut masekaa. “Sebenarnya saya tidak punya strategi khusus, hanya rajin turun dengan para ibu-ibu ke masyarakat,” ujar Suparwati.

Suparwati mengatakan, saat memimpin masyarakat Desa Padangbai sebagai perbekel periode 2022-2028 nanti, dirinya konsisten untuk merangkul semua elemen masyarakat. “Kepemimpinan saya enam tahun ke depan, siap merangkul semua lapisan masyarakat, agar Desa Padangbai tambah maju. Puncak Pilkel Desa Padangbai ditandai perbedaan pilihan, itu demokrasi, sekarang kembali bersatu,” ujar alumni SMA Negeri 2 Amlapura tahun 1990 ini.

Suparwati sadar, kalau tanpa dukungan masyarakat seluruh program Pemerintahan Desa Padangbai tidak mungkin bisa berjalan efektif.

“Nantinya, pemerintahan bersinergi dengan Desa Adat Padangbai. Sekecil apapun aspirasi masyarakat, itu sebagai masukan layak didengar dan dijadikan pertimbangan,” tegas istri dari I Made Surata, seorang praktisi pariwisata ini.

Suparwati mengatakan Desa Padangbai memiliki potensi besar di bidang pariwisata. Sehingga harus dikelola dengan baik. “Kawasan Padangbai sebagai objek wisata terpadu kombinasi panorama alam pantai, ada diving, teluk, tanjung dan aktivitas Pelabuhan Padangbai hidup 24 jam,” pungkasnya.

Suparwati menjadi salah satu Srikandi yang membuat kejutan dengan menumbangkan kandidat incumbent. Selain Suparwati, calon perempuan yang menang di pilkel di 51 desa di Karangasem yakni kandidat incumbent Perbekel Desa Macang, Kecamatan Bebandem Ni Putu Dewi Suryanti dan kandidat Perbekel Desa Pertima, Kecamatan Karangasem I Gusti Ayu Biksuni. *K16

Komentar