nusabali

Tinjau Bandara, Gubernur Koster Disambut Antusias Wisdom

Kapolda Pastikan Kelancaran Alur Kedatangan Delegasi GPDRR

  • www.nusabali.com-tinjau-bandara-gubernur-koster-disambut-antusias-wisdom

DENPASAR, NusaBali
Gubernur Bali, Wayan Koster meninjau Terminal Domestik Keberangkatan dan Kedatangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kuta, Badung pada Soma Wage Julungwangi, Senin (23/5).

Kunjungan kerja Gubernur Koster didampingi Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Putu Eka Cahyadi, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai  Bali Herry AY Sikado, Kapolsek Kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai AKBP Ida Ayu Wikarniti, Kepala Satpol PP Provinsi Bali Dewa Nyoman Rai Darmadi, Manager Teknik dan Fasilitas Airnav serta Perwakilan Kantor Kesehatan Pelabuhan.


Setiba di Terminal Keberangkatan Domestik, Gubernur Koster langsung meninjau counter pelaporan mandiri (self check-in). Di sela-sela memastikan kondisi Bandara yang sudah ramai dikunjungi wisatawan dan berjalan dengan tertib serta aman, nampak sejumlah wisatawan domestik (Wisdom) yang akan pulang ke kotanya masing-masing usai menikmati liburan di Pulau Dewata tiba-tiba menyambangi. Mereka minta berfoto bersama sambil menunggu antrean di counter check in maskapai Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, Batik Air, hingga Super Air Jet.

Wisdom itu di antaranya bernama, Cika warga asal Bandung yang meminta foto bersama Gubernur Koster sambil menyampaikan bahwa dirinya sudah 4 hari berada di Bali. Kemudian ada juga Arif yang akan terbang ke Surabaya, Ahmad dari Jakarta, hingga Putu Romi dari Buleleng yang akan terbang ke Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia meminta Gubernur Bali jebolan ITB tersebut untuk ber-selfie bersama dan disambut dengan ramah oleh orang nomor satu di Pemprov Bali tersebut dengan menggunakan busana adat Bali.

Sedangkan Tio warga dari Seririt, Buleleng usai berfoto dengan Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini menyatakan dirinya baru dipanggil kerja oleh Lion Group pasca kunjungan wisatawan ke Bali meningkat. "Suksma Pak Gubernur, saya sudah bisa kerja lagi dan kunjungan wisatawan mulai meningkat," kata pemuda asal Seririt ini.

Usai melayani Wisdom berfoto, mantan Anggota DPR RI tiga periode dari Fraksi PDIP ini kemudian melanjutkan kunjungan kerjanya dengan mengecek satu per satu hasil karya seni mural yang dilukis di bagian dinding Terminal Keberangkatan dan Kedatangan Domestik dengan desain lukisan khas Bali, hingga mencantumkan kalimat Om Swastyastu dan di sampingnya ada yang terdapat lukisan candi bentar, serta ada yang mencantumkan kalimat Titiang Tresna Sareng Ragane, Titiang Lungsur Mepamit Dumun, dan kalimat Matur Suksma yang dilengkapi dengan bahasa asing.

Selain mengecek karya seni mural, Gubernur Koster juga menyempatkan waktu memantau kondisi gerai kuliner yang berada di areal terminal keberangkatan dan kedatangan domestik. Menuju areal Kedatangan Domestik, I Ketut Sadia warga dari Kabupaten Bangli yang bekerja sebagai Petugas Porter Airport Ngurah Rai (Orang yang bekerja mengangkut barang di Bandara, Red) bersama pegawai Porter lainnya mengajak Gubernur Wayan Koster berfoto bersama seraya mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPD PDIP Bali tersebut karena dengan kebijakannya di Pemerintah Provinsi Bali, turis-turis sudah terus berdatangan ke Bali. "Bersyukur sekarang sudah bisa kerja kembali, suksma Pak Gubernur," ujar Ketut Sadia usai berfoto bersama.

Mengakhiri peninjauannya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Gubernur Koster meninjau Gerai BPD Bali Madolan yang bekerjasama dengan Balimall.go.id dengan menjual anekaragam produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Produk Lokal Bali sesuai pelaksanaan Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali.

Sementara sebelumnya General Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai Herry AY Sikado melaporkan penumpang yang datang di Terminal Kedatangan Domestik dari tanggal 1 Mei 2022 sampai 21 Mei 2022 totalnya mencapai 259.159 orang. Kemudian untuk penumpang yang datang di Terminal Kedatangan Internasional dari tanggal 1 Mei 2022 sampai 21 Mei 2022 totalnya mencapai 83.207 orang.

Sebelumnya Kepala Kantor Imigrasi Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Ngurah Rai Sugito mendampingi Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra dan Danlanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel PNB Putu Sucahyadi mengecek alur kedatangan delegasi Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, Senin siang.

Pengecekan tersebut untuk memastikan kelancaran proses pemeriksaan di alur kedatangan para delegasi tersebut. Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai, Sugito mengatakan pemantauan oleh Kapolda Bali dan Komandan Lanud Ngurah Rai itu bagian dari peninjauan kesiapan personel dalam perhelatan GPDRR 2022.

Dalam pemantauan itu, rombongan melakukan monitoring alur datangnya delegasi dimulai dari mendaratnya pesawat, konter pembelian voucher VoA, konter pemeriksaan berkas kesehatan KKP, konter Imigrasi, penanganan bagasi, konter Bea dan Cukai sampai dengan tempat penjemputan delegasi di area pick up zone terminal kedatangan internasional.

"Imigrasi bersinergi dengan instansi lain seperti TNI/Polri untuk bersama-sama membantu mensukseskan acara GPDRR 2022. Salah satunya dengan pemantau rutin proses kedatangan para delegasi ini," ungkap Sugito, Senin kemarin.

GPDRR adalah forum dua tahunan yang diinisiasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Secara khusus, forum ini membahas isu-isu  perkembangan dan tren terbaru dalam upaya pengurangan risiko bencana. Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah dari pertemuan Global Platform for Disaster Risk Reduction atau GPDRR 2022. Perhelatan internasional ini akan digelar mulai 23-28 Mei 2022. Namun, forum resmi baru akan dimulai pada 25-27 Mei 2022, di Nusa Dua Hall BNDCC, Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung. *dar

Komentar