nusabali

Tabanan Tak Gelar PKB di Kabupaten

  • www.nusabali.com-tabanan-tak-gelar-pkb-di-kabupaten

TABANAN, NusaBali
Pesta Kesenian Bali (PKB) Kabupaten Tabanan di kabupaten tak digelar tahun 2022. Ini karena keterbatasan anggaran untuk pelaksanaan.

Maklum saja tahun ini Tabanan hanya dianggarkan Rp 750 juta. PKB kabupaten ini biasanya digelar sebelum pentas di PKB Provinsi Bali. Seluruh duta Tabanan dipentaskan di kabupaten dengan tujuan memantapkan penampilan sekaligus sebagai penghibur masyarakat.

Kepala Bidang Kesenian Dinas Kebudayaan Tabanan, I Wayan Muder mengungkapkan PKB kabupaten tak digelar lantaran kondisi anggaran. Dimana anggaran difokuskan untuk persiapan ke PKB Provinsi Bali mewakili Tabanan. "Kita melihat kondisi kemampuan daerah," jelas Muder, Minggu (22/5).

Selain itu kata Muder PKB kabupaten belum bisa dilaksanakan lantaran masih belum lengkapnya fasilitas sarana dan prasarana seperti sounsistem di tempat pementasan Garuda Wisnu Serasi (GWS). "Kita sudah usulkan di kabupaten, apa yang menjadi tempat pementasan harus disiapkan fasilitasnya sehingga pelaku seni kita tak lagi memikirkan hal tersebut ketika akan tampil," tegasnya.

Menurutnya tak hanya Tabanan saja yang tidak melaksanakan PKB kabupaten, namun seluruh kabupaten melakukan hal sama karena berkaitan dengan anggaran. "Semua kabupaten begitu tidak melaksanakan PKB kabupaten, tidak hanya kita saja," aku Muder.

Dan untuk saat ini persiapan Tabanan untuk PKB XLIV sudah 80 persen. Ada 8 materi yang dikirim mewakili Tabanan. Adapun delapan materi yang dikirim tersebut adalah, Gong Legendaris, Gong Kebyar Anak-Anak, Gong Kebyar Remaja, Joged Bumbung, Bleganjur, Taman Penasar, Gender Wayang, dan lomba busana.  Materi yang dikirim ini sudah sesuai dengan anggaran yang  dimiliki Pemkab Tabanan.

Sementara di PKB tahun 2022 sekarang, Tabanan akan menampilkan sekitar 800 pelaku seni. Jumlah tersebut sudah termasuk dengan pelaku seni yang akan tampil saat pawai pembukaan. Di pawai pembukaan ini Tabanan akan membawakan pementasan berjudul ‘Lingga Petak’ nama Pura yang ada di Danau Beratan. Judul itu diambil agar sesuai dengan tema PKB tahun 2022 yakni Danu Kerthi. Diammbilnya judul Lingga Petak agar sesuai dengan tema PKB tahun ini. sebab Lingga Petak ini memiliki fungsi sebagai sumber air yang mengairi subak secara umum sehingga dapat memberikan kehidupan bagi seluruh mahkluk hidup. *des

Komentar