nusabali

55 Kilogram Sampah Ditukar 150 Kilogram Beras

  • www.nusabali.com-55-kilogram-sampah-ditukar-150-kilogram-beras

SINGARAJA, NusaBali
Puluhan ibu-ibu dan anak-anak di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Buleleng, antusias membawa sampah rumah tangga mereka yang tak lagi termanfaatkan ke Bank Sampah Balawa Indah, pada Minggu (22/5).

Pasalnya, sampah plastik yang mereka bawa bisa ditukarkan dengan beras. Kegiatan penukaran sampah dengan beras ini terselenggara atas kerja sama Bank Sampah Balawa Indah dengan komunitas Rice For Bali. Kegiatan tersebut juga didukung penuh oleh sejumlah donatur yang turut membantu menyediakan ratusan kilogram beras untuk ditukarkan dengan sampah yang dibawa warga.

Ketua Bank Sampah Balawa Indah, Arya Kekan mengatakan, kegiatan penukaran sampah anorganik terutama sampah plastik ini digelar bersamaan dengan momen Hari Kebangkitan Nasional. "Gerakan semacam ini sudah sering kami lakukan dan salah satu program dari komunitas Balawa. Ini yang terus kami gaungkan di wilayah Buleleng," katanya.

Arya mengungkapkan, untuk jumlah sampah yang ditukarkan, setiap  kilogram sampah plastik ditukar dengan sekitar 2,5 kilogram beras. "Tujuan kegiatan ini untuk mengedukasi dan mengapresiasi masyarakat yang sudan mau peduli dengan mengumpulkan dan memilah sampahnya dari rumah tangga," sebut Arya.

Hasilnya, pada Minggu kemarin pihaknya berhasil mengumpulkan sebanyak 55 kilogram sampah dari warga yang ditukarkan dengan sebanyak 150 kilogram beras. Kata Arya, Komunitas Balawa bersama Bank Sampah Balawa Indah berkomitmen untuk menjaga alam atau lingkungan dari sampah plastik. "Harapanya, ke depan semakin banyak masyarakat yang peduli dengan masalah sampah plastik dan mau memilah dan mengumpulkan sampahnya. Kami di komunitas sudah menyiapkan bank sampah untuk menampungnya," tutup dia.*mz

Komentar