nusabali

6 Penerbangan Dialihkan ke Bandara Ngurah Rai

Diduga Dampak Landasan Pacu Bandara Juanda Surabaya Ambles

  • www.nusabali.com-6-penerbangan-dialihkan-ke-bandara-ngurah-rai

Namun semua pesawat yang sebelumnya mendarat di Bandara Ngurah Rai sudah terbang lagi ke Bandara Juanda mulai pukul 13.45 Wita hingga pukul 15.00 Wita.

MANGUPURA, NusaBali

Landasan pacu Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur, ambles pada Minggu (22/5). Akibatnya sejumlah penerbangan dari dan menuju Bandara Juanda terganggu hingga dialihkan ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta. Tercatat ada enam penerbangan yang dialihkan ke Bandara Ngurah Rai, Minggu (22/5) kemarin.

Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Taufan Yudhistira, mengakui tidak mengetahui pasti penyebab terjadinya gangguan di Bandara Juanda. Namun, informasi yang diterima status Bandara Juanda hanya close (tutup). “Kalau soal penyebabnya, kami tidak tahu. Tapi, informasi itu dikirim ke kami karena kondisi Bandara Juanda tutup sementara,” kata Taufan.

Akibat tutupnya Bandara Juanda, ada enam penerbangan yang terdampak. Enam penerbangan itu masing-masing Super Air Jet dengan nomor penerbangan IU641, Citilink dengan nomor penerbangan QG46, Lion Air dengan nomor JT791, Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA316, Lion Air nomor penerbangan JT361, dan Lion Air dengan nomor JT811.

Lebih lanjut dikatakan, enam penerbangan yang terganggu itu merupakan penerbangan yang dialihkan ke Bandara Ngurah Rai. Misalnya, maskapai Super Air Jet dan Citilink sejatinya dari Bandara Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto (AAP) menuju Bandara Juanda. Kemudian, ada juga maskapai Lion Air yang berangkat dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG) menuju Bandara Juanda, juga terpaksa dialihkan ke Bandara Ngurah Rai.

Berikutnya Garuda Indonesia berangkat dari Bandara Soekarno Hatta (CKG) tujuan Bandara Juanda juga harus dialihkan ke Bandara Ngurah Rai. Sementara, Lion Air berangkat dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (BPN) tujuan Bandara Juanda juga dialihkan, begitu pun maskapai Lion Air yang dari Bandara Labuan Bajo (LBJ) menuju Bandara Juanda juga dialihkan ke Bandara Ngurah Rai.

“Namun semua pesawat yang sebelumnya ini mendarat di Bandara Ngurah Rai langsung diterbangkan lagi ke Bandara Juanda, Surabaya mulai pukul 13.45 Wita hingga pukul 15.00 Wita. Semuanya sudah melanjutkan penerbangan ke Bandara Juanda,” kata Taufan.

Dari sejumlah informasi yang didapat, terganggunya penerbangan di Bandara Juanda diduga diakibatkan adanya penurunan landasan pacu. Hal ini menyebabkan maskapai Batik Air yang hendak lepas landas terpaksa ditarik kembali ke parkiran. Belum diketahui secara pasti turunnya aspal landasan pacu, namun pihak berwenang sudah berhasil melakukan perbaikan, sehingga penerbangan sudah kembali normal. *dar

Komentar