nusabali

TP PKK Kabupaten Tabanan Gencarkan Aksi Sosial

Dukung Program TPP PKK Provinsi Bali

  • www.nusabali.com-tp-pkk-kabupaten-tabanan-gencarkan-aksi-sosial

TABANAN, NusaBali
Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Bali dan TP PKK Kabupaten Tabanan terus menggencarkan aksi sosial.

Terbaru aksi sosial dilakukan dengan membantu  warga di Desa Perean, Kecamatan Baturiti dan di Desa Tua Kecamatan Marga, Sabtu (21/5).  Kegiatan yang dihadiri Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster dan dihadiri Ketua TP PKK Tabanan  Rai Wahyuni Sanjaya tersebut,  menegaskan sinergitas TP PKK Tabanan terhadap Program TP PKK Provinsi berjalan sepanjang tahun 2022.  Turut hadir sejumlah Kepala OPD di Provinsi Bali dan Kabupaten Tabanan.

Ada 100 orang yang mendapatkan bantuan, mulai dari lansia, ibu hamil kekurangan energi kronis, balita gizi buruk, penyandang disabilitas dan kader PKK yang kurang mampu. Adapun bantuan yang diberikan secara simbolis saat itu terdiri dari 1 ton beras, 50 krat telur, 80 kotak susu untuk balita dan 80 kotak susu untuk ibu hamil, lansia dan penyandang difabel.

Kunjungan kerja ini sekaligus sebagai bentuk sentuhan dan perhatian langsung baik dari pihak Provinsi maupun Kabupaten Tabanan, kepada masyarakat Tabanan.

Di kesempatan itu, Putri Koster bersama dengan Rai Sanjaya berkesempatan memberikan sosialisasi permasalahan nasional yang sedang diatensi yakni masalah stunting pada anak dan pengelolaan sampah berbasis sumber di Bali, khususnya Tabanan.

“Stunting atau gagal tumbuh kembang secara fisik dan mental pada anak-anak, di usia emasnya itu sudah terlihat. Hal tersebut bisa bermula dari calon ibu, jadi perlu kita berikan perhatian pada ibu-ibu hamil agar tidak kekurangan energi kronis,” ungkap Putri Koster.

Kata dia, langkah awal penanganan stunting bisa dilakukan dengan memperhatikan kesehatan ibu hamil melalui pemberian nutrisi yang cukup di masa kehamilan. "Saya mohon kader PKK di Kabupaten Tabanan, tolong untuk terus disosialisasikan, bahwa pemerintah kita, baik dari pusat sampai ke desa, terus menjalankan program untuk menekan bahkan meniadakan stunting di wilayah masng-masing. Rawat calon ibunya, rawat bayinya," pesannya.

Sementara terkait pengelolaan sampah, Suastini Putri Koster mengajak seluruh masyarakat terlibat, sehingga harapannya ke depan, desa di Tabanan bisa memiliki sistem pengelolaan sampah yag baik, tentu akan menjadi contoh bagi desa lainnya. "Penanganan sampah harus ditangani dengan sama-sama jangan hanya mengandalkan pemerintah, kita harus sama-sama perhatikan sampah dari bawah," tandasnya.

Komitmen TP PKK Tabanan terhadap program unggulan TP PKK yang telah dicanangkan, juga ditekankan kembali oleh  Rai Sanjaya selaku Ketua TP PKK Kabupaten. "Sesuai dengan arahan dari Ibu TP PKK Provinsi, kami di Tabanan akan terus mensosialisasikan program-program PKK yang langsung menyentuh ke masyarakat," ujarnya.

Bahkan untuk membantu masyarakat, pihaknya berkomitmen akan selalu melakukan pendataan bagi masyarakat yang membutuhkan perhatian khusus, melanjutkan aksi sosial dan tentunya sosilisasi terkait Sampah berbasis sumber dan juga program Aku Hatinya PKK. "Program ini sudah terbukti nyata dalam membantu kebutuhan masyarakat, baik di dapur pribadi dan manfaat lainnya dalam menunjang ekonomi keluarga," bebernya.  Selain bantuan sembako, bantuan bibit tanaman juga diberikan secara simbolis oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi kepada Ketua TP PKK Tabanan, guna mendukung program Aku Hatinya PKK.  

Kegiatan berlanjut dengan kunjungan rombongan ke Objek Wisata Kayu Putih di Banjar Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga. Kunjungan juga diteruskan dengan meninjau proses pembuatan olahan minyak kelapa tradisional, proses pembuatan dan menumbuk kopi serta pembuatan kue tradisional. Setelah itu kunjungan ditutup dengan mengunjungi pengelolaan sampah TPS3R di Desa. *des

Komentar