nusabali

13 Calon Jamaah Haji Menunggu Jadwal Keberangkatan

  • www.nusabali.com-13-calon-jamaah-haji-menunggu-jadwal-keberangkatan

AMLAPURA, NusaBali
Kasi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Karangasem, Asmuni, mengatakan jamaah calon haji sejak tahun 2020 menunggu diberangkatkan.

Pada tahun 2022 ini, pemerintah akan memberangkatkan 13 jamaah calon haji dari Karangasem. Mereka masih menunggu jadwal keberangkatan dari pemerintah. Para jamaah calon haji sudah mengikuti tes kesehatan.

Asmuni mengatakan, sebanyak 13 jamaah calon haji yang akan berangkat itu merupakan kuota tahun 2020. Padahal yang masuk daftar di tahun 2020 sebanyak 24 calon haji. Akibat pandemi Covid-19, mereka batal diberangkatkan, tahun ini dapat izin keberangkatan hanya 13 jamaah. “Jatahnya memang sangat terbatas, hanya 13 jamaah yang bisa diberangkatkan tahun ini,” kata Asmuni.

Jamaah calon haji yang akan berangkat dapat bimbingan dan pembinaan teknis naik haji menyangkut tahapan-tahapan yang mesti dilakukan. Mereka wajib siap secara fisik, dibuktikan dengan hasil tes kesehatan yang menyatakan layak berangkat. Sedangkan dari Kemenag Karangasem melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh belum menggelar rekrutmen calon petugas haji dan umroh.

Pada tahun 2020 sempat melakukan seleksi diikuti 13 peserta. Seleksi menggunakan CAT (computer assisted test) secara online melalui aplikasi HP android. Seleksi digelar di Penginapan Kembang Remaja, Jalan Nenas, Amlapura. Kemenag hanya mencari 9 orang sesuai ranking. Calon haji wajib didampingi petugas pelayanan naik haji untuk memberikan pelayanan. Mulai dari sebelum berangkat ke tanah suci sehingga perlu mondok di asrama haji, menjalani pelatihan cara naik haji, mulai dari keberangkatan dari tanah air hingga tanah suci. *k16

Komentar