nusabali

Harga Roti dan Mie Bakal Naik

  • www.nusabali.com-harga-roti-dan-mie-bakal-naik

Stok gandum industri makanan hanya sampai bulan Juni

JAKARTA, NusaBali
Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) Adhi S Lukman menyebut harga sejumlah produk pangan seperti biskuit, roti dan mie bakal naik dalam waktu dekat ini.

Ia mengatakan potensi kenaikan dipicu oleh larangan impor gandum yang diberlakukan India baru-baru ini. Menurutnya, kebijakan India tersebut berpotensi mendongkrak harga tepung terigu hingga naik sampai dengan 10 persen.

"Dengan adanya kenaikan (harga gandum) yang signifikan dari larangan (ekspor) India itu mau tidak mau, dari informasi yang saya dapat dari anggota yang produksi tepung terigu, mereka akan menaikkan harga sekitar 5 persen sampai 10 persen. Tentunya ini akan berdampak pada produk pangan lain, karena biskuit, roti, mie itu pakai terigu, itu akan ada kenaikan harga," ungkapnya seperti dilansir CNNIndonesia.com, Kamis (19/5).

Apalagi stok gandum sendiri untuk industri, kata Adhi, hanya cukup sampai Juni mendatang. "Ketersediaan masih cukup, saya cek dari produsen terigu kira-kira masih punya stok sampai Juni," ungkapnya.

Ia mengatakan stok gandum memang masih dinilai aman. Namun, setelah bulan tersebut industri harus segera mencari persediaan gandum kembali, jika tidak mereka akan kekurangan.

Oleh karena itu, Adhi mengaku industri tengah mencari alternatif pasokan gandum dari Australia, Kanada, dan Argentina.

Lebih lanjut, Adhi menuturkan sebenarnya Indonesia masih punya peluang untuk tetap mendapatkan impor gandum dari India. Asalkan, ada pembicaraan antara pemerintah dengan pemerintah (G2G).

"Kami berharap pemerintah bisa segera melakukan persiapan G2G dengan India supaya bisa mendapat pasokan gandum dari India," ujarnya.

Ia menambahkan dalam keadaan seperti ini, pemerintah juga harus bisa menjaga daya beli masyarakat bawah agar tidak menurun. "Pemerintah sementara waktu membantu masyarakat bawah agar daya belinya tetap ada," tandasnya.

Sebelumnya, pemerintah India resmi melarang ekspor gandum sejak Sabtu (14/5) lalu. Keputusan ini didorong kemunculan gelombang panas yang merusak hasil panen sehingga harga-harga kebutuhan dalam negeri melambung tinggi.

Saat ini pasar dunia tengah mengandalkan India sebagai produsen gandum terbesar kedua di dunia, setelah ekspor dari wilayah Laut Hitam merosot karena invasi Rusia ke Ukraina yang belum juga selesai hingga hari ini.

Dua hari setelah larangan ekspor itu diberlakukan, Senin (16/5), harga gandum meroket ke rekor tertinggi. Seperti dilansir dari AFP, harga melonjak menjadi 435 euro per ton saat pasar di Eropa dibuka.

Selain larangan ekspor gandum dari India, potensi kenaikan produk pangan tersebut juga dipicu melonjaknya biaya logistik dan energi.

"Menurut saya akan ada kenaikan harga karena semuanya mengalami kenaikan bukan hanya terigu saja, tapi termasuk biaya logistik dan energi. Semua akan ada kenaikan luar biasa," kata dia. *

Komentar