nusabali

Polres Bandara Turunkan Kekuatan Penuh

Pengamanan Kedatangan 4.000 Delegasi GPDRR

  • www.nusabali.com-polres-bandara-turunkan-kekuatan-penuh

MANGUPURA, NusaBali
Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai siagakan 96 personel untuk mengamankan Global Platform For Disaster Risk Reduction 2022 (GPDRR) yang akan dihadiri 4.000 delegasi secara luring dan 2.000 delegasi secara daring dari 193 negara.

Pertemuan internasional itu akan digelar di BNDCC Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, dari tanggal 23-28 Mei 2022.
Puluhan personil tersebut siaga 10 hari tergabung dengan ribuan personil lainnya selama Operasi Puri Agung 20-29 Mei 2022. Khusus di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung pengamanan diperketat pada kedatangan dan keberangkatan internasional. Selain personil Polri, pengamanan juga melibatkan TNI dan unsur pengamanan internal bandara.

Kabag Ops Polres Bandara AKP Arya Agung Arjana dikonfirmasi, Kamis (19/5) mengatakan event berskala internasional ini harus berjalan dengan baik dan sukses. Salah satu faktor utamanya adalah masalah keamanan. Guna mencegah dan mengantispasi hal yang tak diinginkan aparat TNI, Polri, dan instansi terkait lainnya melakukan berbagai langkah-langkah.

“Puluhan personil Polres Bandara yang kami siagakan sesuai dengan surat perintah tugas (Springas) Kapolda Bali akan bergabung dengan personil jajaran Polda Bali lainnya yang masuk dalam satgas,” ungkap AKP Agung Arjana.

Satgas-satgas yang dimaksud ungkap Kabag Ops, seperti Satgas Pam Bandara, Satgas Rolakir, maupun ada tergabung dalam shuttles bus. Pola pengamanannya, yakni melakukan kegiatan pengamanan baik secara terbuka maupun secara tertutup.

“Lokasi pengamanan yang jadi prioritas adalah terminal  kedatangan dan keberangkatan para delegasi di Bandara. Selain itu gedung VIP/VVIP dan sepanjang jalur yang akan di lewati,” jelas AKP Agung Arjana.

Untuk pengamanan GPDRR sendiri Polda Bali menyiagakan 2.832 personil. Ribuan personil itu terdiri dari 1.476 personil Polda Bali, 997 personil Satwil, dan 359 personil BKO dari Mabes Polri.

Adapun 7th GPDRR Tahun 2022 akan dilaksanakan di BNDCC Nusa Dua Dari tanggal 23-28 Mei 2022. Rencananya event tersebut akan dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo. GPDRR kali ini mengusung tema Memperkuat Kemitraan Menuju Ketangguhan Berkelanjutan (Fostering Collaboration Toward Suistanable Resilience). *pol

Komentar