nusabali

Gerindra Karangasem Tancap Gas Jelang Pileg 2024

Sudah Susun Bacaleg, Jumlahnya 200 Persen dari Kuota Kursi

  • www.nusabali.com-gerindra-karangasem-tancap-gas-jelang-pileg-2024

AMLAPURA, NusaBali
DPC Gerindra Karangasem langsung tanpa gas songsong Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 dengan menyusun bakal calon legislatif (Bacaleg) sebanyak 200 persen dari kuota tiap daerah pemilihan (Dapil).

Gerindra pun memberi prioritas kepada kader perempuan (Srikandi) untuk masuk dalam daftar  Bacaleg tersebut. "Kami pasang target bisa merebut 9 kursi di DPRD Karangasem guna memudahkan mengusung Calon Bupati (Cabup) di Pilkada Karangasem 2024, sehingga nantinya tidak perlu koalisi karena telah meraih 20 persen kursi," tegas Ketua DPC Gerindra Karangasem, I Nyoman Suyasa dalam arahannya kepada segenap kadernya di Sekretariat DPC Gerindra Jalan Bhayangkara Amlapura, Kamis (19/5).

Dari target 9 kursi DPRD Karangasem itu, 3 (tiga) kursi ditarget berasal dari kader perempuan, masing-masing satu incumbent atas nama Kadek Weisya Kusmia Dewi dan dua pendatang baru salah satunya Ni Komang Molu Indah Juliani. Dalam rapat DPC Gerindra dengan menghadirkan seluruh Ketua PAC Gerindra se-Karangasem kemarin, tiap Ketua PAC Gerindra telah menyetorkan nama-nama bakal calon legislatif. Sehingga terjaring 90 bacaleg atau 200 persen lebih dari 45 kursi DPRD Karangasem yang diperebutkan di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Dari 90 kandidat Caleg yang terjaring itu tersebar di enam daerah pemilihan (dapil). Dapil Karangasem I (Kecamatan Karangasem) sebanyak 18 bacaleg memperebutkan 9 kursi, Dapil Karangasem II (Kecamatan Bebandem) sebanyak 10 bacaleg memperebutkan 5 kursi, Dapil Karangasem III (Kecamatan Manggis) sebanyak 10 bacaleg memperebutkan 5 kursi, Dapil Karangasem IV (Kecamatan Selat, Kecamatan Rendang dan Kecamatan Sidemen) sebanyak 22 bacaleg memperebutkan 11 kursi, Dapil Karangasem V (Kecamatan Kubu) sebanyak 16 bacaleg memperebutkan 8 kursi dan Dapil Karangasem VI (Kecamatan Abang) sebanyak 14 bacaleg memperebutkan 7 kursi.

Target 9 kursi yang dipasang dengan syarat 5 kursi yang diraih di Pemilu Legislatif 2019 wajib dipertahankan ditambah 4 kursi. Kelima kursi yang diraih Gerindra di Pileg 2019, yakni Kadek Weisya Kusmia Dewi dari Dapil Karangasem I, I Wayan Parka dari Dapil Karangasem II, Ida Bagus Adnyana dari Dapil Karangasem III, Putu Deni Suryawan Giri dari Dapil Karangasem V dan I Made Dondo Wijaya dari Dapil Karangasem VI.

Tambahan empat kursi yang baru di Pileg 2024 diharapkan datang dari Dapil Karangasem I sebanyak 1 kursi, Dapil Karangasem II sebanyak 1 kursi dan Dapil Karangasem IV sebanyak 2 kursi.

Salah satu kader perempuan yang ditarget meraih kursi di DPRD Karangasem atas nama Ni Komang Molu Indah Juliani dari Dapil Karangasem IV. "Saya siap mengamankan satu kursi dari Dapil Karangasem IV, target minimal saya dapat coblosan 6.000 suara sah," tegas Komang Molu Indah yang menjabat Wakil Ketua DPC Gerindra Karangasem ini.

Sementara Ketua PAC Gerindra Selat I Komang Sukadana alias Soglo juga memberikan jaminan kadernya merebut kursi DPRD Karangasem. "Sebelum menyusun bacaleg, kami telah evaluasi, makanya caleg yang tampil optimis meraih kursi," jelas Soglo. Tercatat dari 18 bacaleg yang disodorkan dari Dapil Karangasem IV (Kecamatan Selat, Kecamatan Rendang dan Kecamatan Sidemen) memunculkan 4 kader perempuan. *k16

Komentar